Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas X SMA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini secara umum ditujukan untuk mengetahui isi buku ajar Bahasa Indonesia dan memberikan informasi yang berguna bagi pengembang buku ajar dan pengembang kurikulum. Secara khusus penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan: 1) anatomi buku ajar, 2) keselarasan materi buku ajar dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka, 3) keakuratan materi buku ajar, 4) pendukung materi pembelajaran, dan 5) kualitas buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi yang umber data utama berupa buku ajar Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA kelas X. Hasil peneltian ini berupa data informasi tentang kelayakan isi buku ajar tersebut. Berdasarkan hasil analisis, buku tersebut mempunyai anatomi yang sangat lengkap, kelayakan isi yang sangat baik karena mempunyai kriteria kelayakan isi buku ajar, yaitu kesesuaian materi dengan capaian pembelajaran, keakuratan materi, dan pendukung materi pembelajaran.
Kata kunci: analisis isi, buku ajar, SMA
ABSTRACT
This study is generally aimed at examining the content of Indonesian language textbooks and providing useful information for textbook developers and curriculum designers. Specifically, the study aims to explain: (1) the anatomy of the textbook, (2) the alignment of the textbook content with the learning outcomes in the Merdeka Curriculum, (3) the accuracy of the textbook material, (4) the supporting learning materials, and (5) the quality of the textbook. This research employs a qualitative approach with content analysis techniques. The primary data source is the Indonesian language textbook Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia for Grade X senior high school students. The findings of this study provide information regarding the feasibility of the textbook content. Based on the analysis, the textbook demonstrates highly comprehensive anatomy and excellent content feasibility, meeting the criteria for textbook content feasibility, including alignment of the material with learning outcomes, material accuracy, and supporting materials for learning.
Keyword: Content analysis, textbooks, high school
Artikel teks lengkap
Referensi
Afriansyah, M., & Tahir, M. (2021). "Standar Isi, Bahasa, dan Penyajian Buku Tematik Terbitan Mediatama Tema 6 Cita-Citaku Seri HOTS". Journal of Classroom Action Research, 3(2), 179–184.
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). "Peran Guru dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka". Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298.
Anri, M. & Soebagyo, J. (2021). "Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Trigonometri untuk Peserta Didik SMK Kelas X". Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2666-2677. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.902
Asri, S. Sahrul. (2017). "Telaah Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013". RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.94.70-82
Damariswara, R., & Jadmiko, R. S. (2022). "Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Materi Ragam Teks untuk Mahasiswa PGSD". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 26-36.
Daulay, N., Gultom, T., & Restuati, M. (2020). "Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Genetika Mendel Pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Medan". Jurnal Biolokus, 3(2), 342. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.799
Ernawati, Y., & Ernawati, Y. (2022). "Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013.
Fadilah, R. (2016). "Buku Teks Bahasa Indonesia SMP dan SMA Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014". Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 26. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p26-49
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1–17.
Fikri, K. (n.d.). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII dengan Kurikulum 2013 di MTs Negeri 3 Indramayu. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). "Analisis Bahan Ajar". Nusantara, 2(2), 311–326.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). "Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa". Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.
Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Susanto, H., Prawitasari, M., Akmal, H., Syurbakti, M. M., & Fathurrahman, F. (2023). "Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah". Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 1–10.
Syamsualam, S., Irfan, I., & Patimari, S. (2019). "Kelayakan Isi Buku Teks Seni Budaya Kurikulum 2013 SMP/MTs Kelas Viii Ditinjau dari Aspek Pembelajaran Seni Rupa". Jurnal Pakarena, 4(1), v4i1.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Merupakan Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yanthi, M., Bhilawa, L., & Siregar, C. (2022). "Kelayakan Buku Ajar Analisis dan Perancangan Sistem Informasi". Mimbar Ilmu, 27(2), 292-299. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.43997
Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan untuk Sekolah Dasar". Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 199–210.
Yuhasnil, Y. (2020). "Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan". Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214–221.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Agi Ahmad Ginanjar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.