Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas X SMA

Agi Ahmad Ginanjar (1), Welly Nores Kartadireja (2), Aveny Septi Astriani (3)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Siliwangi, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Siliwangi, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Siliwangi, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini secara umum ditujukan untuk mengetahui isi buku ajar Bahasa Indonesia dan memberikan informasi yang berguna bagi pengembang buku ajar dan pengembang kurikulum. Secara khusus penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan: 1) anatomi buku ajar, 2) keselarasan materi buku ajar dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka, 3) keakuratan materi buku ajar, 4) pendukung materi pembelajaran, dan 5) kualitas buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi yang umber data utama berupa buku ajar Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA kelas X. Hasil peneltian ini berupa data informasi tentang kelayakan isi buku ajar tersebut. Berdasarkan hasil analisis, buku tersebut mempunyai anatomi yang sangat lengkap, kelayakan isi yang sangat baik karena mempunyai kriteria kelayakan isi buku ajar, yaitu kesesuaian materi dengan capaian pembelajaran, keakuratan materi, dan pendukung materi pembelajaran.


Kata kunci: analisis isi, buku ajar, SMA


 


ABSTRACT


This study is generally aimed at examining the content of Indonesian language textbooks and providing useful information for textbook developers and curriculum designers. Specifically, the study aims to explain: (1) the anatomy of the textbook, (2) the alignment of the textbook content with the learning outcomes in the Merdeka Curriculum, (3) the accuracy of the textbook material, (4) the supporting learning materials, and (5) the quality of the textbook. This research employs a qualitative approach with content analysis techniques. The primary data source is the Indonesian language textbook Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia for Grade X senior high school students. The findings of this study provide information regarding the feasibility of the textbook content. Based on the analysis, the textbook demonstrates highly comprehensive anatomy and excellent content feasibility, meeting the criteria for textbook content feasibility, including alignment of the material with learning outcomes, material accuracy, and supporting materials for learning.


Keyword: Content analysis, textbooks, high school 

Referensi

Read More

Penulis

Agi Ahmad Ginanjar
Welly Nores Kartadireja
Aveny Septi Astriani
aveny.septi@unsil.ac.id (Kontak utama)
Ginanjar, A. A., Kartadireja, W. N., & Astriani, A. S. (2025). Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas X SMA. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 217–228. https://doi.org/10.30651/st.v18i1.24583

Rincian Artikel

No Related Submission Found