Pengembangan Kampung Seni Melalui Sanggar Seni Lintas Generasi

Welly Suryandoko (1), Agus Suwahyono (2)
(1) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Pada pelaksanaan KKN-PPM ini mengutamakan penerapan teori dan praktek seni teater berupa pelatihan-pelatihan berperan dan bermain Seni Teater Tradisional Ludruk secara utuh   di sekitar desa Canggu Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto wilayah yang dekat dengan  Ludruk  Karya  Budaya.  Selain  memberikan  pelatihan  ketrampilan  ludruk  untuk Sanggar Ludruk Karya Budaya, Sanggar Ludruk Remaja dan Sanggar Ludruk Anak. di  Desa Canggu.   Berawal   dari   pelatihan Seni Teater Tradisional Ludruk diharapkan warga Desa Canggu umumnya atau para peserta pelatihan tersebut dapat menjadi generasi penerus Ludruk baru yang dapat menunjang kekuatan wisata kampong seni di desa. Target dari kegiatan KKN adalah mengubah mitra atau khalayak sasaran yaitu Sanggar Ludruk Karya Budaya, Sanggar Ludruk Remaja dan Sanggar Ludruk Anak Desa Canggu Kecamatan Jetis, Mojokerto yang awalnya kurang produktif sacara ekonomi melalui pelatihan ketrampilan Seni Teater Tradisional Ludruk ini diharapkan dapat menjadi destinasi andalan Desa Canggu. Luaran (output) yang akan dihasilkan setelah kegiatan ini dilaksanakan yang utama terwujudnya Desa Wisata yang mewadai Ludruk lintas generasi andalan Desa Canggu. Senyampang mewujudkan Sanggar Seni Ludruk Lintas Generasi Tim PMM juga memberikan pelattihan untuk menghasilkan pengembangan destinasi desa wisata sebagai kampung Ludruk. Mendaftarkan Desa Canggu sebagai Kampung seni Ludruk Jawa Timur.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Bandem, I Made, Sal Murgiyanto, 1996. Teater Damasah Indonesia. Yogyakarta: Kanisius. Diterbitkan dalam kerjasama dengan Forum Apresiasi Kebudayaan Denpasar-Bali.

Mulyana, Anton R, Agus, Hairus, & Joko, 2005. “Transvesti dalam Seni Pertunjukan†dalam GONG, Media Seni dan Pendidikan Seni edisi 75/VII/2005.

Supriyanto, Henri, 1992. Lakon Ludruk Jawa Timur. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

______________, 2004. Kidungan Ludruk. Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Widya Wacana Nusantara (Wicara).

Susanto, Eko Edy, 2014. Ludruk Karya Budaya. Mbeber Urip. Mojokerto: Paguyuban Ludruk “Karya Budaya†Mojokerto.

Penulis

Welly Suryandoko
wellysuryandoko@unesa.ac.id (Kontak utama)
Agus Suwahyono
Suryandoko, W., & Suwahyono, A. (2019). Pengembangan Kampung Seni Melalui Sanggar Seni Lintas Generasi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 82–95. https://doi.org/10.30651/st.v12i1.2444

Rincian Artikel

No Related Submission Found