Inovasi Pembelajaran Karakter Humanis Melalui Sanggar Sastra dengan Pendekatan CRS (Consideration Research Student) dalam Matakuliah Apresiasi dan Kritik Sastra

Khusnul Khotimah (1), Ahmad Jami’ul Amil (2), Abdul Rosid (3), Mixghan Norman Antono (4)
(1) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia,
(2) Universitas Trunojoyo Madura,
(3) Universitas Trunojoyo Madura,
(4) Universitas Trunojoyo Madura

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian pembelajaran sastra, peneletian ini mengkaji tentang pembelajaran sastra dan pendidikan karakter pada materi perkuliahan apresiasi dan kritik sastra. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah instrumen peneliti sendiri, instrumen proses pembelajaran, dan instrumen pendidikan karakter. Proses pembelajaran apresiasi dan kritik sastra diketahui dari hasil pengamatan dan penilaian penilaian kinerja mahasiswa selama mengikuti pembelajaran sastra. Proses pembelajaran setelah dilakukan tindakan ternyata sudah sesuai dengan landasan kualitas proses yang dibuat yaitu, ada lima jenis variabel yang menentukan keberhasilan belajar mahasiswa yaitu sebagai berikut: a) melibatkan mahasiswa secara aktif, b) Menarik minat dan perhatian mahasiswa, c) membangkitkan motivasi mahasiswa, d) Peragaan dalam pembelajaran Sastra melalui pementasan sandur. Nilai-nilai humanis yang diterapkan yaitu; menghargai pendapat orang lain (kebebasan menngeluarkan pendapat), Kerjasama, rela berkorban, peduli terhadap orang lain, dan tolong menolong, dan Solidaritas. pembelajaran apresiasi dan kritik sastra menekankan pada nilai-nilai humanis sehingga menciptakan keragaman yang harmonis dalam bingkai sastra.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto Suharsini. 1989. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Bandung : Bumi aksara

Kosasih Djahiri, Menelusur Dunia Afektif Pendidikan Nilai dan Moral, (Bandung: Lab. Pengajaran PMP IKIP, 1996)

Miles, Matthew B dan huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, ( Jakarta PT. Bumi Angkasa, 2007 ),

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2008. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratna, Nyoman Kutha. 2008. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Penulis

Khusnul Khotimah
Khusnul.khotimah@trunojoyo.ac.id (Kontak utama)
Ahmad Jami’ul Amil
Abdul Rosid
Mixghan Norman Antono
Khotimah, K., Amil, A. J., Rosid, A., & Antono, M. N. (2019). Inovasi Pembelajaran Karakter Humanis Melalui Sanggar Sastra dengan Pendekatan CRS (Consideration Research Student) dalam Matakuliah Apresiasi dan Kritik Sastra. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.30651/st.v12i1.2437

Rincian Artikel

No Related Submission Found