Penggunaan Media Kartu Kosakata pada Latihan Membaca bagi Pemelajar Asing di Sekolah Darul Muhmin Thailand
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartu kosakata pada latihan membaca bagi pemelajar asing di sekolah Darul Muhmin, Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian kelas 6-III di sekolah Darul Muhmin dengan total 19 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu, pada minggu pertama siswa berlatih membaca tanpa menggunakan media kartu kosakata dan minggu kedua siswa menggunakan media kartu kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kosakata dapat diterapkan untuk latihan membaca bagi pemelajar asing. Penggunaan media kartu kosakata pada latihan membaca menjadi alternatif dan inovasi baru dalam mendukung proses pembelajaran BIPA. Siswa menjadi aktif dan membuat pembelajaran menjadi menarik.
Kata kunci: pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan membaca, kartu kosakata, BIPA
ABSTRACT
The purpose of this study was to analyze the effectiveness of the use of vocabulary flashcards of reading practice for foreign learners at Darul Muhmin School, Thailand. This study uses a qualitative approach with descriptive methods with the research subject of class 6-III at Darul Muhmin School with a total of 19 students. Data collection methods include observation, tests, and interviews. This study was conducted for two weeks, on the first-week students practiced reading without using vocabulary flashcards and the second-week student using vocabulary flashcards. The results show that the use of vocabulary flashcard can be applied to reading practice as one of the new alternatives in BIPA learning. Students become active and make learning interesting.
Keyword: Indonesia language teaching, reading skills, vocabulary flashcard, BIPA
Artikel teks lengkap
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Amelia, G., Febriyana, M., & Kemal, I. (2024). “Pelafalan Kosa Kata Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: (Pembelajar Thailand) Melalui Penerapan Direct Method”. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, danPengajaran, 8(1), 52-61. ISSN 2302-5778; E-ISSN 2580-3255.
Beddu, N., & Taib, S. (2023). “Penggunaan Media Kartu Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab di Kelas X IPA 1 MAN 2 Halut”. EDUKASI Penerbit: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, 21(2), 422–430.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). “Konsep Dasar Media Pembelajaran”. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Faizin, F., & Isnaini, M. (2018). “Peningkatan Kemampuan Berbicara Pemelajar Bipa Level Dasar Dengan Menggunakan Kartu Kosa Kata”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 42–47.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. DIDAKTIKA, 9(1), 1–8.
Hidayati, R. (2019). “Improving Students’ Reading Comprehension Using Pictuures On Report Texts Rospin”. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 93–100.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
Prapmawati, & Atiningsih, W. (2021). “Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak di TK Baitul Aziiz Surabaya”. Tematik, 7(2), 103-110.
Rahmat, S. Pupu, & Heryani, T. (2014). “Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemapuan Membaca dan Penguasaan Kosakata”. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 8(1), 101–110.
Ramliyana, R. (2016). “Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta)”. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol 1, No 1, hal 8-17.
Rahmayati, H. (2022). Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing ( BIPA ) Level A-1 Dengan Menggunakan Permainan. Jurnal Analisis Pemiikiran Insan Cendekia (APIC), 5(2), 12–23.
Sari, C. P. (2021). “Peningkatan kemampuan pemahaman kosakata melalui aplikasi kuis kosakata daring bagi pemelajar BIPA level A-1”. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 3 (2), 125-132.
Sipahutar, R. S., Basri, A., & Sari, S. P. (2023). “Penggunaan Media Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Materi Part Of Body Di Sekolah Nida Suksasat School Satun Thailand”. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 12347–12361.
Syahputri, I. S., & Sari, S. P. (2024). “Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kosa Kata Siswa Sang Prateep Vittaya Foundation School Satun”. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3540–3547.
Ulya, U. K., & Fauzi. (2024). “Implementasi Media Flashcard untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1 MI”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2079–2086.
Utari, S. A., & Ningsih, kartika H. (2023). “Penggunaan Foto pada Latihan Membaca dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Pendekatan Semiotika Sosial”. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(1), 100–113. https://doi.org/10.26499/jbipa.v5i1.6010
Widianto, E., & Subyantoro. (2015). “Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode Sq3r Dengan Media Gambar”. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–9.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Mulyana Mei Fani, MULYANA MEI FANI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.