Penggunaan Media Kartu Kosakata pada Latihan Membaca bagi Pemelajar Asing di Sekolah Darul Muhmin Thailand

Mulyana Mei Fani (1), Mutia Febriyana (2)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartu kosakata pada latihan membaca bagi pemelajar asing di sekolah Darul Muhmin, Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian kelas 6-III di sekolah Darul Muhmin dengan total 19 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu, pada minggu pertama siswa berlatih membaca tanpa menggunakan media kartu kosakata dan minggu kedua siswa menggunakan media kartu kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kosakata dapat diterapkan untuk latihan membaca bagi pemelajar asing. Penggunaan media kartu kosakata pada latihan membaca menjadi alternatif dan inovasi baru dalam mendukung proses pembelajaran BIPA. Siswa menjadi aktif dan membuat pembelajaran menjadi menarik.


Kata kunci: pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan membaca, kartu kosakata, BIPA


 


ABSTRACT


The purpose of this study was to analyze the effectiveness of the use of vocabulary flashcards of reading practice for foreign learners at Darul Muhmin School, Thailand. This study uses a qualitative approach with descriptive methods with the research subject of class 6-III at Darul Muhmin School with a total of 19 students. Data collection methods include observation, tests, and interviews. This study was conducted for two weeks, on the first-week students practiced reading without using vocabulary flashcards and the second-week student using vocabulary flashcards. The results show that the use of vocabulary flashcard can be applied to reading practice as one of the new alternatives in BIPA learning. Students become active and make learning interesting.


Keyword: Indonesia language teaching, reading skills, vocabulary flashcard, BIPA

Referensi

Read More

Penulis

Mulyana Mei Fani
viamelaninputri@gmail.com (Kontak utama)
Mutia Febriyana
Fani, M. M., & Febriyana, M. (2025). Penggunaan Media Kartu Kosakata pada Latihan Membaca bagi Pemelajar Asing di Sekolah Darul Muhmin Thailand. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 17–24. https://doi.org/10.30651/st.v18i1.24367

Rincian Artikel

No Related Submission Found