Pengaruh Strategi Writing in the Here and Now terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas X
Abstrak
ABSTRAK
Ketertarikan siswa ketika mengikuti pembelajaran menulis di sekolah masih rendah sebab tidak adanya strategi pembelajaran yang diterapkan guru ketika pembelajaran menulis berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Writing in the Here and Now terhadap keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas X SMKN 1 Karawang. Dua sampel yang digunakan, yaitu kelas eksperimen (X TP 3) dan kelas kontrol (X TPFL 2). Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Pemberian tes dilakukan dua kali, yaitu pretest dan posttest. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS Statistik Versi 27 menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kontrol memiliki hasil belajar yang berbeda. Rata-rata di kelas eksperimen sebesar 79,11 dan kelas kontrol sebesar 63,08. Berdasarkan rata-rata tersebut, dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan pada kelas eksperimen sehingga guru dapat menerapkan strategi Writing in the Here and Now dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah.
Kata kunci: Strategi Writing in the Here and Now, Keterampilan Menulis, Teks Puisi
ABSTRACT
Students' interest in participating in writing learning at school is still low because there is no learning strategy which is applied by teachers when writing learning takes place. This study aims to determine the effect of the Writing In The Here And Now strategy on poetry writing skills for grade X students of SMKN 1 Karawang. Two samples were used, namely the experimental class (X TP 3) and the control class (X TPFL 2). Data collection techniques include observation, documentation, and tests. The test was given twice, namely pretest and posttest. The data obtained were then processed using the SPSS Statistics Version 27 application showing that the experimental and control classes had different learning outcomes. The average in the experimental class was 79.11, and the control class was 63.08. Based on these averages, it can be concluded that there was a significant increase in learning outcomes in the experimental class so that teachers can apply the Writing In The Here And Now strategy in poetry writing learning at school.
Keyword: Writing Startegi in the Here and Now, Writing Skills, Poetry Text
Artikel teks lengkap
Referensi
A, Darmiyanti Susanti, Totok Priyadi, dan Laurensius Salem. (2019). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur melalui Strategi Writing in the Here and Now”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-8.
Anggraini, Utami Pingkan, dkk. (2023). “Implementasi Pembelajaran Sistem Blok Merdeka Belajar Pada SMKN 1 Cilegon”. Jurnal Innovation in Education (INOVED), 1(3), 92.
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Komariha, Pipit Dwi. (2022). Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nurhasanah, Siti., Jayadi Agus., Sa’diyah Rika., dan Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. EDU PUSTAKA.
Pradopo, Rakhmat Joko. (2009). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Qadaria, Laila, dkk. (2023). “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV”. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3), 103.
Rosita, Andri Yani. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Muara Takus Kecamatan XIII Kota Kampar. (Skripsi Sarjana Uin Suska Riau). https://repository.uin-suska.ac.id/31050/.
S, Revensyah., Mutia Febriyana, dan Heppy Nadeak. (2023). “Penerapan Teknik Writing in the Here and Now Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa di Kelas X AKL 1 SMK Negeri 6 Medan”. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 13-22.
Semi, Atar M. (2021). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Penerbit ANGKASA.
Silberman, Melvin L. (2019). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sutikno, M. Sobry. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Tarigan, Henry Guntur. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit ANGKASA.
W, Sri Anitah. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIN4301-M1.pdf. Diakses Pada 26 Januari 2024 Pukul 13.13 WIB.
Widiasworo, Erwin. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi dan Tesis. Yogayakarta: Araska Publisher.
Wiworo, Sri, dkk. (2021). “Menulis Puisi Untuk Mereduksi Stres pada Remaja di SMA X Kabupaten Malang”. PSIKOVIDYA, 25(2), 66.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Alya Nazmi Nurafifah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.