THE INFLUENCE OF WRITING IN THE HERE AND NOW STRATEGIES ON CLASS X POETRY WRITING SKILLS
Abstract
Students' interest in taking part in writing lessons at school is still low because there are no learning strategies implemented by teachers when writing lessons take place. This study aims to determine the effect of Writing In The Here And Now Technique on poetry writing skills for class X students SMKN 1 Karawang Two samples were employed, the experimental class (X TP 3) and control class (X TPFL 2). There is a pretest and posttest to determine student learning outcomes. Data processed using the SPSS Statistics Version 27 application shows that the experimental and control classes have different learning outcomes. The average in the experimental class was 79.11 and the control class was 63.08. Based on these averages, it can be concluded that there was a significant increase in learning outcomes in the experimental class.
Full text article
References
A, Darmiyanti Susanti, Totok Priyadi, dan Laurensius Salem. (2019). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur melalui Strategi Writing in the Here and Now”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-8.
Anggraini, Utami Pingkan, dkk. (2023). “Implementasi Pembelajaran Sistem Blok Merdeka Belajar Pada SMKN 1 Cilegon”. Jurnal Innovation in Education (INOVED), 1(3), 92.
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Komariha, Pipit Dwi. (2022). Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nurhasanah, Siti., Jayadi Agus., Sa’diyah Rika., dan Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. EDU PUSTAKA.
Pradopo, Rakhmat Joko. (2009). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Qadaria, Laila, dkk. (2023). “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV”. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3), 103.
Rosita, Andri Yani. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Writing In The Here And Now Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Muara Takus Kecamatan XIII Kota Kampar. (Skripsi Sarjana Uin Suska Riau). https://repository.uin-suska.ac.id/31050/.
S, Revensyah., Mutia Febriyana, dan Heppy Nadeak. (2023). “Penerapan Teknik Writing in the Here and Now Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa di Kelas X AKL 1 SMK Negeri 6 Medan”. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 13-22.
Semi, Atar M. (2021). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Penerbit ANGKASA.
Silberman, Melvin L. (2019). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sutikno, M. Sobry. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Tarigan, Henry Guntur. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit ANGKASA.
W, Sri Anitah. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIN4301-M1.pdf. Diakses Pada 26 Januari 2024 Pukul 13.13 WIB.
Widiasworo, Erwin. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi dan Tesis. Yogayakarta: Araska Publisher.
Wiworo, Sri, dkk. (2021). “Menulis Puisi Untuk Mereduksi Stres pada Remaja di SMA X Kabupaten Malang”. PSIKOVIDYA, 25(2), 66.
Authors
Copyright (c) 2025 Alya Nazmi Nurafifah, Slamet Triyadi, Sahlan Mujtaba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional