Strategi dan Peranan Orang Tua terhadap Pemerolehan Bahasa ABK dalam Komunitas Masyarakat Betawi

Esti Tri Wardani (1), Iskandarsyah Siregar (2), Arju Susanto (3), Nurul Huda Hamzah (4), Samsur Rijal Yahya (5)
(1) Sastra Indonesia, Universitas Nasional, Indonesia,
(2) Sastra Indonesia, Universitas Nasional, Indonesia,
(3) Sastra Indonesia, Universitas Nasional, Indonesia,
(4) Bahasa Inggris, University of Malaya, Malaysia,
(5) Bahasa Inggris, University of Malaya, Malaysia

Abstrak

ABSTRAK


Orang tua berperan besar dalam proses pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi dan peranan yang dilakukan orang tua dalam mendukung proses pemerolehan bahasa ABK untuk diimplementasikan dalam mendidik ABK di rumah. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang memiliki kelainan autisme dan tunagrahita. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan teknik triangulasi sebagai metode pengumpulan data. Dengan pendekatan teori behavioristik B.F. Skinner (1957), hasil penelitian menemukan bahwa peran orang tua sebagai fasilitator utama sangat menentukan perkembangan bahasa anak. Strategi penguatan positif yang digunakan orang tua efektif mendukung pemerolehan bahasa. Penelitian juga mengidentifikasi enam tantangan yang dihadapi orang tua, yaitu aspek komunikasi, stigma sosial, konsistensi pembelajaran, keterbatasan sumber daya, interaksi sosial, dan kondisi psikologis. Tantangan ini bisa dihadapi dengan strategi antisipasi yang mencakup penerimaan diri dan aktif dalam terapi.


Kata kunci: strategi, peranan orang tua, pemerolehan bahasa, anak berkebutuhan khusus


 


ABSTRACT


Parents play a big role in the language acquisition process of children with special needs. This study aims to reveal the strategies and roles that parents play in supporting the language acquisition process of children with disabilities to be implemented in educating children with disabilities at home. The subjects in this study were children with autism and tunagrahita. This study used descriptive qualitative techniques and mentally disabled techniques as data collection methods. Using the behavioristic theory approach of B.F. Skinner (1957), the research found that the role of parents as the main facilitator determines the child's language development. Positive reinforcement strategies used by parents are effective in supporting language acquisition. The research also identified six challenges faced by parents, namely aspects of communication, social stigma, learning consistency, limited resources, social interaction, and psychological conditions. These challenges can be overcome with anticipatory strategies that include self-acceptance and being active in therapy.


Keyword: strategies, parents' role, language acquisition, children with special needs

Referensi

Read More

Penulis

Esti Tri Wardani
Iskandarsyah Siregar
regaranggi@presidency.com (Kontak utama)
Arju Susanto
Nurul Huda Hamzah
Samsur Rijal Yahya
Wardani, E. T., Siregar, I., Susanto, A., Hamzah, N. H., & Yahya, S. R. (2025). Strategi dan Peranan Orang Tua terhadap Pemerolehan Bahasa ABK dalam Komunitas Masyarakat Betawi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 131–146. https://doi.org/10.30651/st.v18i1.23371

Rincian Artikel

No Related Submission Found