Strategi dan Peranan Orang Tua terhadap Pemerolehan Bahasa ABK dalam Komunitas Masyarakat Betawi
Abstrak
ABSTRAK
Orang tua berperan besar dalam proses pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi dan peranan yang dilakukan orang tua dalam mendukung proses pemerolehan bahasa ABK untuk diimplementasikan dalam mendidik ABK di rumah. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang memiliki kelainan autisme dan tunagrahita. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan teknik triangulasi sebagai metode pengumpulan data. Dengan pendekatan teori behavioristik B.F. Skinner (1957), hasil penelitian menemukan bahwa peran orang tua sebagai fasilitator utama sangat menentukan perkembangan bahasa anak. Strategi penguatan positif yang digunakan orang tua efektif mendukung pemerolehan bahasa. Penelitian juga mengidentifikasi enam tantangan yang dihadapi orang tua, yaitu aspek komunikasi, stigma sosial, konsistensi pembelajaran, keterbatasan sumber daya, interaksi sosial, dan kondisi psikologis. Tantangan ini bisa dihadapi dengan strategi antisipasi yang mencakup penerimaan diri dan aktif dalam terapi.
Kata kunci: strategi, peranan orang tua, pemerolehan bahasa, anak berkebutuhan khusus
ABSTRACT
Parents play a big role in the language acquisition process of children with special needs. This study aims to reveal the strategies and roles that parents play in supporting the language acquisition process of children with disabilities to be implemented in educating children with disabilities at home. The subjects in this study were children with autism and tunagrahita. This study used descriptive qualitative techniques and mentally disabled techniques as data collection methods. Using the behavioristic theory approach of B.F. Skinner (1957), the research found that the role of parents as the main facilitator determines the child's language development. Positive reinforcement strategies used by parents are effective in supporting language acquisition. The research also identified six challenges faced by parents, namely aspects of communication, social stigma, learning consistency, limited resources, social interaction, and psychological conditions. These challenges can be overcome with anticipatory strategies that include self-acceptance and being active in therapy.
Keyword: strategies, parents' role, language acquisition, children with special needs
Artikel teks lengkap
Referensi
Astuti, E. (2022). “Dampak Pemerolehan Bahasa Anak dalam Berbicara terhadap Peran Lingkungan”. Educatif : Journal of Education Research, 87–96. https://doi.org/https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Darjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia (2nd ed.). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Goodwyn, S. W., Acredolo, L. P., & Brown, C. A. (2000). “Impact of symbolic gesturing on early language development”. Journal of Nonverbal Behavior, 24(2), 81–103. https://doi.org/10.1023/A:1006653828895
Hadi, A., Rusman, & Asrori. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: Penerbit CV. Pena Persada.
Harahap, J. S., & Irman, I. (2024). “Strategi Pengasuhan Orangtua dalam Merespon sehingga Potensi Anak Berkebutuhan Khusus Bertumbuh Kembang dengan Baik”. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 40–49. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.101
Hidayat, Y. (2023). “Teori Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini”. Jurnal INTISABI, 6(2), 117-126.
Juniardi, Putra, P., & Jaelani. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Demokratis dan Permisif terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di SDN 32 Tanjung Bakau Kecamatan Teluk Keramat (Vol. 9).
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak (1st ed.). Jakarta: Kencana.
Nahar, N. I. (2016). “Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran”. NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1), 64-74.
Pramitasari, A. (n.d.). Pemerolehan Bahasa dari Segi Sintaksis pada Anak Usia Tiga Tahun (Studi Kasus pada Syifa).
Rahmania, L., Pratiwi, A. S., & Permana, R. (2020). “Pemerolehan Bahasa pada Anak Berkebutuhan Khusus”. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 104. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.6689
Rakhmanita, E. (2020). Kajian Psikolinguistik terhadap Gangguan Berbahasa Autisme.
Siregar, I. (2022). “The Effectiveness of Multisensory Stimulation Therapy in People with Specific Language Disorder”. Jurnal Institut Penelitian Dan Kritikus Internasional Budapest (BIRCI-Journal), 5(1), 5315–5325. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4238
Siregar, I., & Yahaya, S. R. (2023). “Model and Approaches to Preserving Betawi Language as an Endangered Language”. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 274–282. https://doi.org/10.32601/ejal.901023
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). “Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung.
Sulistyowati, H., Mayasari, D., & Hastining, S. D. (2022). “Pemerolehan Kosa Kata Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3091–3099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2374
Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). “Peran Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme)”. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559–564. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.78
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Esti Tri Wardani, Iskandarsyah Siregar, Arju Susanto, Nurul Huda Hamzah, Samsur Rijal Yahya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.