Keefektifan Metode Cooperative Script Berbantuan Media YouTube dalam Pembelajaran Menyimak Teks Biografi Kelas X

Astri Maharani (1), Imam Muhtarom (2), Dewi Herlina Sugiarti (3)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Kurangnya keterlibatan peserta didik dalam rutinitas pembelajaran disebabkan oleh penggunaan metode belajar mengajar yang kurang tepat sehingga mudah mengalihkan minat dan perhatiannya. Tujuan dari riset ini, ialah menjelaskan keampuhan metode Cooperative Script berbantuan video YouTube dalam kegiatan pembelajaran menyimak biografi peserta didik kelas X SMK Bhinneka Karawang. Riset ini mengaplikasikan teknik uji coba semu dengan dua sampel, yaitu X MPLB 1 dan X MPLB 2. Hasil analisis hipotesis menunjukkan angka 0.000 < 0.05 yang memperlihatkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan uji coba. Selain itu, kelas uji coba mendapat skor mean yang lebih tinggi, yaitu 81.875 dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai skor mean 61.406. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa metode Cooperative Script berbantuan media YouTube efektif dalam pembelajaran menyimak teks biografi kelas X.


Kata kunci: Cooperative Script, YouTube, Menyimak


 


ABSTRACT


The lack of learner involvement in the learning routine is caused by the use of inappropriate teaching and learning strategies, so it is easy to divert their interest and attention. The purpose of this research is to explain the efficacy of the Cooperative Script technique assisted by YouTube videos in learning activities for listening to biographies of class X students of SMK Bhinneka Karawang. This research applies a pseudo-trial technique with two samples X MPLB 1 and X MPLB 2. The results of hypothesis analysis are 0.000 < 0.05 which shows a significant difference between the control and trial classes. In addition, the trial class received a higher mean score of 81.875 compared to the control class which only achieved a mean score of 61.406. Based on this data, it can be seen that the Cooperative Script method assisted by YouTube media is effective in learning to listen to class X biography text.


Keyword: Cooperative Script, YouTube, Listening

Referensi

Read More

Penulis

Astri Maharani
astrimaharani40@gmail.com (Kontak utama)
Imam Muhtarom
Dewi Herlina Sugiarti
Maharani, A., Muhtarom, I., & Sugiarti, D. H. (2025). Keefektifan Metode Cooperative Script Berbantuan Media YouTube dalam Pembelajaran Menyimak Teks Biografi Kelas X. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 181–190. https://doi.org/10.30651/st.v18i1.23269

Rincian Artikel

No Related Submission Found