Keefektifan Metode Cooperative Script Berbantuan Media YouTube dalam Pembelajaran Menyimak Teks Biografi Kelas X
Abstrak
ABSTRAK
Kurangnya keterlibatan peserta didik dalam rutinitas pembelajaran disebabkan oleh penggunaan metode belajar mengajar yang kurang tepat sehingga mudah mengalihkan minat dan perhatiannya. Tujuan dari riset ini, ialah menjelaskan keampuhan metode Cooperative Script berbantuan video YouTube dalam kegiatan pembelajaran menyimak biografi peserta didik kelas X SMK Bhinneka Karawang. Riset ini mengaplikasikan teknik uji coba semu dengan dua sampel, yaitu X MPLB 1 dan X MPLB 2. Hasil analisis hipotesis menunjukkan angka 0.000 < 0.05 yang memperlihatkan adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan uji coba. Selain itu, kelas uji coba mendapat skor mean yang lebih tinggi, yaitu 81.875 dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai skor mean 61.406. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa metode Cooperative Script berbantuan media YouTube efektif dalam pembelajaran menyimak teks biografi kelas X.
Kata kunci: Cooperative Script, YouTube, Menyimak
ABSTRACT
The lack of learner involvement in the learning routine is caused by the use of inappropriate teaching and learning strategies, so it is easy to divert their interest and attention. The purpose of this research is to explain the efficacy of the Cooperative Script technique assisted by YouTube videos in learning activities for listening to biographies of class X students of SMK Bhinneka Karawang. This research applies a pseudo-trial technique with two samples X MPLB 1 and X MPLB 2. The results of hypothesis analysis are 0.000 < 0.05 which shows a significant difference between the control and trial classes. In addition, the trial class received a higher mean score of 81.875 compared to the control class which only achieved a mean score of 61.406. Based on this data, it can be seen that the Cooperative Script method assisted by YouTube media is effective in learning to listen to class X biography text.
Keyword: Cooperative Script, YouTube, Listening
Referensi
Abdillah, Rahmat Hidayat. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPI.
Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). “Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka”. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 281. https://doi.org/10.30651/st.v16i2.18097
Anisa, S. N., Artawan, G., & Indriani, M. S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat. 152–160.
Azis, A., Sururuddin, M., Hamdi, Z., & Husni, M. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 1 Sukadamai Tahun Ajaran 2021 / 2022”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6162–6169. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1924/1701
Huda, Miftahul. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustidaka Pelajar.
Kosasih, E. (2018). Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Huda, Miftahul. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. (2018). Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah, serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Laia, W. H. P. B. (2023). Kemampuan Menyimak Berita pada Siswa Kelas XII TKJ.
Mumpuni, Andina Putri. (2018). Penerapan Metode Cooperative Script dalam Pembelajaran Menyimak Teks Eksposisi (Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Cimahi Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi S1 FPBS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Nasrullah, Rulli. (2020). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Nurrita, T. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Savitri, Panca Dwi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas V MI Bustanul Ulum Sidorejo Lampung Timur. Skripsi Sarjana pada FPBS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Guntur Henry. (2018). Menyimak. Bandung: CV Angkasa.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, dan Dokumentasi: Pendidikan di Majelis Tidaklim Annur Sejahtera". JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 astri maharani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.