THE EFFECTIVENESS OF THE COOPERATIVE SCRIPT METHOD ASSISTED BY YOUTUBE MEDIA IN LEARNING TO LISTEN TO CLASS X BIOGRAPHY TEXTS
Abstract
The lack of learner involvement in the learning routine is caused by the use of inappropriate teaching and learning strategies, so it is easy to divert their interest and attention. The purpose of this research is to explain the efficacy of the cooperative script technique assisted by YouTube videos in learning activities for listening to biographies of class X students of SMK Bhinneka Karawang. This research applies a pseudo-trial technique with two samples X MPLB 1 and X MPLB 2. The results of hypothesis analysis are 0.000 < 0.05 which shows a significant difference between the control and trial classes. In addition, the trial class received a higher mean score of 81.875 compared to the control class which only achieved a mean score of 61.406.
Full text article
References
Abdillah, Rahmat Hidayat. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPI.
Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). “Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka”. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 281. https://doi.org/10.30651/st.v16i2.18097
Anisa, S. N., Artawan, G., & Indriani, M. S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Cerita Rakyat. 152–160.
Azis, A., Sururuddin, M., Hamdi, Z., & Husni, M. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 1 Sukadamai Tahun Ajaran 2021 / 2022”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6162–6169. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1924/1701
Huda, Miftahul. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustidaka Pelajar.
Kosasih, E. (2018). Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Huda, Miftahul. (2018). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. (2018). Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah, serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Laia, W. H. P. B. (2023). Kemampuan Menyimak Berita pada Siswa Kelas XII TKJ.
Mumpuni, Andina Putri. (2018). Penerapan Metode Cooperative Script dalam Pembelajaran Menyimak Teks Eksposisi (Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Cimahi Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi S1 FPBS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Nasrullah, Rulli. (2020). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Nurrita, T. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.
Savitri, Panca Dwi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas V MI Bustanul Ulum Sidorejo Lampung Timur. Skripsi Sarjana pada FPBS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Guntur Henry. (2018). Menyimak. Bandung: CV Angkasa.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, dan Dokumentasi: Pendidikan di Majelis Tidaklim Annur Sejahtera". JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M
Authors
Copyright (c) 2025 Astri Maharani, Imam Muhtarom, Dewi Herlina Sugiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional