Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Tugas Keterampilan Menyimak Pemelajar BIPA Program KNB di Universitas Negeri Surabaya

Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo (1), Syamsul Sodiq (2), Fafi Inayatillah (3)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis pada tugas pemelajar BIPA program KNB mata kuliah Keterampilan Menyimak di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini berdasarkan enam prosedur kesalahan berbahasa, yaitu pengumpulan data, identifikasi data, klasifikasi data, penentuan frekuensi penyebaran kesalahan, idenfikasi wilayah kesalahan, dan perbaikan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan sintaksis pada tugas pemelajar lebih dominan terjadi pada konstruksi kalimat dibandingkan dengan konstruksi frasa. Kesalahan pada konstruksi kalimat tercatat sebanyak 76.92%, konstruksi frasa hanya mencapai 23.08%. Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa pemelajar cenderung menghadapi lebih banyak kesulitan dalam menyusun kalimat dibandingkan frasa. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan materi pembelajaran BIPA, khususnya dalam meningkatkan kemampuan menyusun frasa dan kalimat secara efektif.


Kata kunci: BIPA, konstruksi frasa, konstruksi kalimat


 


ABSTRACT


This study aims to describe the types of language errors at the syntactic level in the tasks of BIPA learners in the KNB program in the Listening Skills course at the State University of Surabaya. This research used a combined qualitative and quantitative approach with descriptive methods. The data collection techniques are listening and note-taking techniques. The data analysis technique in this study is based on six language error procedures, namely data collection, data identification, data classification, determination of the frequency of error distribution, identification of error areas, and error correction. The results show that syntactic errors in the learners' tasks are more dominant in sentence construction compared to phrase construction. Errors in sentence construction were recorded at 76.92%, much higher than phrase construction which only reached 23.08%. The comparison shows that learners tend to have more difficulties in constructing sentences than phrases. This finding provides important insights for the development of BIPA learning materials, especially in improving the ability to build phrases and sentences effectively.


Keyword: BIPA, phrase construction, sentence construction

Referensi

Read More

Penulis

Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo
anggoro.23002@mhs.unesa.ac.id (Kontak utama)
Syamsul Sodiq
Fafi Inayatillah
Cahyo, A. A. R., Sodiq, S., & Inayatillah, F. (2025). Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Tugas Keterampilan Menyimak Pemelajar BIPA Program KNB di Universitas Negeri Surabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 1–16. https://doi.org/10.30651/st.v18i1.22961

Rincian Artikel

No Related Submission Found