Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Tugas Keterampilan Menyimak Pemelajar BIPA Program KNB di Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis pada tugas pemelajar BIPA program KNB mata kuliah Keterampilan Menyimak di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini berdasarkan enam prosedur kesalahan berbahasa, yaitu pengumpulan data, identifikasi data, klasifikasi data, penentuan frekuensi penyebaran kesalahan, idenfikasi wilayah kesalahan, dan perbaikan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan sintaksis pada tugas pemelajar lebih dominan terjadi pada konstruksi kalimat dibandingkan dengan konstruksi frasa. Kesalahan pada konstruksi kalimat tercatat sebanyak 76.92%, konstruksi frasa hanya mencapai 23.08%. Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa pemelajar cenderung menghadapi lebih banyak kesulitan dalam menyusun kalimat dibandingkan frasa. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan materi pembelajaran BIPA, khususnya dalam meningkatkan kemampuan menyusun frasa dan kalimat secara efektif.
Kata kunci: BIPA, konstruksi frasa, konstruksi kalimat
ABSTRACT
This study aims to describe the types of language errors at the syntactic level in the tasks of BIPA learners in the KNB program in the Listening Skills course at the State University of Surabaya. This research used a combined qualitative and quantitative approach with descriptive methods. The data collection techniques are listening and note-taking techniques. The data analysis technique in this study is based on six language error procedures, namely data collection, data identification, data classification, determination of the frequency of error distribution, identification of error areas, and error correction. The results show that syntactic errors in the learners' tasks are more dominant in sentence construction compared to phrase construction. Errors in sentence construction were recorded at 76.92%, much higher than phrase construction which only reached 23.08%. The comparison shows that learners tend to have more difficulties in constructing sentences than phrases. This finding provides important insights for the development of BIPA learning materials, especially in improving the ability to build phrases and sentences effectively.
Keyword: BIPA, phrase construction, sentence construction
Artikel teks lengkap
Referensi
Amalia, F. H., Aufa, G. A. I. N., Hastuti, N. P., Farida, V. C., & Ulya, C. (2021). "Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi Laman Kompasiana Edisi November 2021". Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3081
Amalia, N., & Arifin, M. (2021). "Desain Bahan Ajar Keterampilan Menyimak BIPA Aku Suka Indonesia". Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 265–271. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4677
Arista, C., & Subandi. (2020). "Analysis of Language Errors at the Level of Syntax in Writing Free Discourse Text". Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020) Analysis, 491(Ijcah), 714–721. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.121
Cahyo, A. A. R. (2024). "Altruisme dalam Novel Permulaan Sebuah Musim Baru di Suriname Karya Koko Hendri Lubis (Perspektif Psikologi Sosial)". Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 125–138.
Cahyo, A. A. R., Ahmadi, A., & Raharjo, R. P. (2024). "Respon Mahasiswa Mengenai Penggunaan Platform Media Berbasis Teks sebagai Implementasi Keterampilan Menulis Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya". Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(3), 103–117.
Cahyo, A. A. R., & Andriana, W. D. (2024). "Representasi Persona dalam Novel Cinta Terakhir Baba Dunja Karya Alina Bronsky dan Relevansinya Terhadap Pendidikan". Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 12(2), 273–299. https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.12147
Cahyo, A. A. R., Rengganis, R., & Sudikan, S. Y. (2024). "Eksploitasi Lingkungan dalam Novel Misteri Hilangnya Penyu di Pulau Venu Karya Wini Afiati (Perspektif Ekokritik Greg Garrard)". Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 22(2), 99–112.
Cahyo, A. A. R., Suhartono, S., & Yuniseffendri, S. (2024). "Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif dalam Gelar Wicara di YouTube Gita Wirjawan dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia". Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 241–256.
Cahyo, A. A. R., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). "Unsur Kebudayaan dalam Novel Misteri Pantai Mutiara Karya Erlita Pratiwi dan Implikasinya Terhadap Media Pembelajaran BIPA". Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 64–76.
Debora, D., Yani, F., Hutasoit, N., Any, R., & Tarigan, B. (2024). "Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Makalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED". Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya (MORFOLOGI), 3, 191–202.
Elnaggar, A., Heinzinger, M., Dallago, C., Rehawi, G., Wang, Y., Jones, L., Gibbs, T., Feher, T., Angerer, C., Steinegger, M., Bhowmik, D., & Rost, B. (2022). "ProtTrans: Toward Understanding the Language of Life Through Self-Supervised Learning". IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, 44(10), 7112–7127. https://doi.org/10.1109/TPAMI.2021.3095381
Ganiyevna, A. N., & Kizi, E. L. U. (2024). "Communicative Characteristics of Teaching the Uzbek Language As a Foreign Language". Science and Innovation, 3(B1), 29–34.
Gea, M. A., & Malelak, D. P. (2023). "Manajemen Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak Usia Dini (AUD)". Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 217–230. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.666
Inayatillah, F., Kisyani, Mintowati, & Mukhzamilah. (2019). "Entry Application Software to Identify the Development of Reading And Writing Vocabulary". Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012117
Jannah, I. Q. (2023). "Analisis Makna Konotatif pada Leksem “Kampret” dalam Grup Telegram Diskusi Skincare". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 115. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.13499
Kusmiarti, R., Puspita Sari, I., Tienezia Friska Hamidah, & Boyke Nugroho. (2024). "Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 13 Kota Bengkulu". Journal of Language and Literature Education, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i1.535
Maulida, U. (2021). "Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi PGMI Binamadani". Dirasah, 4(1), 24–34.
Nurcaya, N., Jumadi, J., Ahmad Ghazali Samad, Muhlis, M., Abdul Kadir, & Abdul Wahid. (2023). "Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa". Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1583–1600. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2808
Nurharini, firdausi dkk. (2022). Neo Teknologi Informasi era Metaverse. Akademia Pustaka.
Permatasari, N. E., Khasanah, I. M., & Putri, N. A. M. (2019). "Kesalahan Berbahasa dalam Majalah Pandawa IAIN Surakarta Edisi 2018 pada Tataran Ejaan dan Sintaksis". Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.pp93-104
Pramitasari, A. (2020). "Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Pada Karya Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Universitas Pekalongan". Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 12–18.
Sari. (2022). "Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran". Jurnal Eduscience, 9(2), 583–591. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042
Satriawati, Denggo, D. C. R., Malingong, R., & Damayanti, A. (2023). "Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Melalui Media Kartu Baca Dalam Program Kampus Mengajar Di Sdn Pagandongan". SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2387–2393.
Selamet Rifai, M., & Sulistyaningrum, S. (2022). "Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Karangan Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA". Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–33.
Sitaresmi, D., & Ginting, D. (2022). "Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Top-Down Bottom-Up Mahasiswa Universitas Ma Chung". Jurnal Pendidikan, 10(2), 176–186.
Supartini, D., Soliha, S., & Isnaini, H. (2023). "Problematika Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Tataran Sintaksis". Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(2), 40–54.
Tarigan, H., & Tarigan, D. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa (Edisi Revisi). Angkasa.
Yasa, I. P. W. P., & Adiyanti, N. M. (2023). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Contextual Learning (CTL) Siswa SD Negeri 3 Siangan". Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 561–573. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.2737
Yusuf, F., & Rahman, R. (2024). "Perancangan Aplikasi Monitoring Proses Bimbingan Skripsi Berbasis Web Pada Program Studi Sistem". Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 9(11), 1–14.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo, Syamsul Sodiq, Fafi Inayatillah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.