Representasi Psikologi Sastra pada Film Penyalin Cahaya Karya Wregas Bhanuteja

Rahmani Azzahra (1), Nani Solihati (2)
(1) Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh Suryani pada film Penyalin Cahaya karya Wregas Bhanuteja, dengan menggunakan teori psikoanalisis yaitu id, ego, dan superego yang dikemukakan Sigmund Frud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan hasil analisis yang telah ditemukan. Data pada penelitian ini yaitu dalam bentuk gambar, adegan, monolog, dan dialog dalam film Penyalin Cahaya, sumber data pada penelitian ini yaitu film Penyalin Cahaya yang tayang di netflix. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengamati, menyimak, mencatat, serta menganalisis dan mengategorikan pada kisi-kisi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan struktur kepribadian Suryani yang memiliki hasil seimbang antara aspek kepribadian id dan ego. Suryani merupakan sosok pantang menyerah ketika mencari bukti atas peristiwa yang terjadi pada dirinya. Pada aspek Id menunjukan kepribadian Suryani melakukan kesenangan yang menimbulkan dampak negatif sehingga aspek ego bertugas untuk menyadarkan Suryani dalam berpikir logis dan mengarahkan kepribadian Suryani pada realita kehidupan. Adapun aspek superego berperan memberikan pelajaran atau sanksi kepada Suryani berdasarkan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.


Kata kunci: Sigmund Freud, Psikoanalisis, Psikologi Sastra, Film


 


ABSTRACT


This research aims to describe the personality of the character Suryani in the film "Penyalin Cahaya" by Wregas Bhanuteja, using Psychoanalysis theory, namely the Id, Ego, and Superego proposed by Sigmund Freud. This study employs a descriptive qualitative method by describing the findings of the analysis. The data in this study consists of images, scenes, monologues, and dialogues in the film "Penyalin Cahaya," with the film available on Netflix serving as the data source. The data collection techniques in this research include observing, listening, noting, and analyzing as well as categorizing the data based on the prepared framework. The results of this study show that Suryani's personality structure has a balanced outcome between the id and ego aspects of her personality. Suryani is depicted as a determined figure in her quest for evidence regarding the events that happened to her. The id aspect shows that Suryani indulges in pleasures that lead to negative impacts, prompting the ego to help her think positively and align her personality with the reality of life. Meanwhile, the superego aspect plays a role in providing lessons or sanctions to Suryani based on the values and norms prevailing in society.


Keyword: Sigmund Freud, Psychoanalysis, Psychological Literature, Film

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ardiyanti, A. (2023). Representasi Konsep Kepribadian Tokoh Klara Dalam Film Sentinelle Melalui Kajian Psikologi Sastra. Skripsi.

Aulia, R., & Solihati, N. (2022). Ketidakadilan Gender Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Yang Memesan Takdir Karya W. Sanavero. Jurnal Diglosia, 6(2), 515–527.

Awalludin, A., & Nilawijaya, R. (2021). Sikap Tokoh Dalam Novel Burung-Burung Cahaya Karya Jusuf An: Sebuah Analisis Psikologi Sastra. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 33–41. Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V7i1.10405

Chamalah, E., & Nuryyati, R. (2023). Kepribadian Anak Dalam Novel Sesuk Karya Tere Liye: Analisis Psikologi Sastra Sigmund Freud. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 138–147. Https://Doi.Org/10.15294/Jsi.V12i2.70585

Ega, R., & Siahaan, J. (2023). Analisis Kekuatan Super Ego Pada Tokoh Utama Turi-Turian Dalam Legenda Batu Basiha: Studi Kasus Di Desa Aek Bolon, Kecamatan Balige. Kompetensi (Jurnal Pendidikan Dan Humaniora), 16(1), 18–29.

Erinsyah Br Ginting, V., Fahira Purba, Y., & Harahap, N. (2023). Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Jatuh Karya Dodi Prananda: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26913–26916.

Fiansyah, W., & Andriyani, N. (2023). Psikoanalisis Tokoh Bujang Dalam Novel Bedebah Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Asas : Jurnal Sastra, 12(1), 69–86.

Khairun Nisa, F., Sri Utami, R., & Dwi Kurniawan, E. (2024). Analisis Struktur Kepribadian Sigmund Freud Pada Tokoh Utama Kinara Dalam Novel Primrose Karya Peniejingga 02. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 124–127. Https://Doi.Org/10.59435/Gjmi.V2i1.124

Mulia Prasasti, S., Retno Martini, L., & Komariya, S. (2022). Struktur Kepribadian Tokoh Euis Dalam Film Keluarga Cemara Karya Yandy Laurens: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sabda, 17(1), 10–21.

Nabilla, N. Z., & Hikmat, A. (2023). Kritik Sosial Dalam Novel La Muli Karya Nunuk Y. Kusmiana Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12.

Nurjam’an Ichsan, M., Musaljon, Sofiatin, & Lamri, A. (2023). Analisis Psikologi Sastra Dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 1–8. Http://Stp-Mataram.E-Journal.Id/Jhi

Pebrimireni, D., Ayu Lestari, D., & Deviana Salsabila, S. (2022). Kajian Psikologi Sastra Pada Cerpen Nasihat-Nasihat Karya A.A Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan (Jurripen), 1(1).

Rahman, F. (2021). Psikologi Tokoh Dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikoanalisis Sigmund) Freud). Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 176–194. Https://Doi.Org/10.22236/Imajeri.V3i2.6718

Saraswati, S., Al Gadri, H. H., & Fauzan, M. I. (2023). Analisis Psikologi Tokoh Dan Nilai Moral Dalam Novel Surat Dari Bapak Karya Gol A Gong Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Di Sma. Geram, 11(1), 48–63. Https://Doi.Org/10.25299/Geram.2023.Vol11(1).12449

Umam Kau, M., & Hidayanti Ali, A. (2022). Analisis Pendekatan Psikologi Sastra Dalam Novel Re: Dan Perempuan Sartika 1*. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 12(2), 1–8. Http://Ejurnal.Ung.Ac.Id/Index.Php/Jbsp/Index

Washadi, & Sugiyarto. (2023). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Pada Film Cinta Subuh Karya Ali Farighi (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Sasindo Unpam, 11(2), 68–76.

Penulis

Rahmani Azzahra
rahmanizahra1302@gmail.com (Kontak utama)
Nani Solihati
Azzahra, R., & Solihati, N. (2024). Representasi Psikologi Sastra pada Film Penyalin Cahaya Karya Wregas Bhanuteja. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 183–196. https://doi.org/10.30651/st.v17i2.22765

Rincian Artikel

No Related Submission Found