Implementasi Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Cerpen dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi

Riska Wahyuni (1), Trinil Dwi Turistiani (2), Diana Esmeralda Rahma (3)
(1) Pendidikan Profesi Guru, Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(2) Pendidikan Profesi Guru, Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(3) Pendidikan Profesi Guru, Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh peserta didik yang menemukan hambatan berupa kesulitan dalam mengembangkan ide saat menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model TTW (Think, Talk, Write) berbantuan media cerpen. Jenis pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang disesuaikan dengan tahapan pada kegiatan lesson study. Penelitian dilakukan dalam dua kali siklus pembelajaran di kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan atau observasi dan dokumentasi hasil pembelajaran. Subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi peserta didik dari dua siklus pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 62, sedangkan pada siklus II mencapai 87,5 . Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran yang lebih baik dari peserta didik.


Kata kunci: TTW, peningkatan hasil pembelajaran, menulis puisi


 


ABSTRACT


The research carried out was motivated by students who found obstacles in the form of difficulties in developing ideas when writing poetry. The aim of this research is an effort to improve poetry writing skills and learning outcomes for writing poetry using the TTW (Think, Talk, Write) model assisted by short story media. The type of this research is Collaborative Classroom Action Research (PTKK) which is adapted to the stages of lesson study activities. The research was carried out in two classroom learning cycles using data collection techniques in the form of observations and documentation of learning results. The research subjects were 28 students in class VIII-F of SMP Negeri 34 Surabaya. The results of the research conducted showed that students' poetry writing skills from the two learning cycles experienced a significant improvement. The average result obtained in cycle I was 62, while in cycle II it reached 87.5. This data shows an increase in better learning outcomes for students.


Keyword: TTW, improving learning outcomes, writing poetry

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agustin, N. E., & Nuroh, E. Z. (2024). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1). https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1130/777

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Ardiansyah, D., Hodidjah, & Suryana, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas 5 SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43–52. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7185/5996

Dwisaptarida, F., Suhendra, & Wiati, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi dengan Metode Four Square pada Siswa Kelas XI. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 83–92. https://doi.org/10.30651/st.v17i1.20325

Ernawati, E., Fauziah, R., & Mustika, I. (2019). Keefektivan Penggunaan Metode Think Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cimahi. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 467–474. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2855

Gustina, G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337

Hastutik, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Menulis Teks Deskriptif. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 62–68. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.724

Inayati, Fatin, I., & Sujinah. (2022). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7, 1–13. http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/5/3

Jupri. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran TTW (Think, Talk and Write)Berbantuan Canva dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kartu Ucapan Selamat Siswa Kelas X IPA 3 SMAN 1 Pringgarata. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1), 97–105. https://doi.org/10.51878/educator.v2i1.1094

Napisah, Bachri, S., Thalib, & Latang. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1–15. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23771/18932

Paramita, M., Azizah, N., & Ahmadi, A. (2023). Kombinasi Media Pembelajaran Modern dan Tradisional dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Darul Ulum Petiyin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3, 218–230. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/sti.v9i1.2498

Rahma, N. A., Lesmana, R. A., Fitrah, Z., Khoinur, M. H., & Nasution, S. (2024). Strategi Peningkatan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.269

Rinawati, A. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Romlah, S., Setiawan, H., & Nuraini, C. (2024). Penerapan Metode Think Talk Write(TTW) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Menganalisis Unsur InstrinsikBuku Fiksi Terhadap Siswa Kelas VII(Studi Kasus: SMPN 2 Telagasari). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 838–846. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10646722

Suningsih, R. N. (2021). Kooperatif Model TGT Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 246–254. https://jurnalp4i.com/index.php/language/article/view/871/871

Susilo, S. V., Yonanda, D. A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 87–97. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978

Waruwu, V. J., & Hanum, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Strip Story terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 23, 102–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/bahtera.231.09

Penulis

Riska Wahyuni
wahyuniriska193@gmail.com (Kontak utama)
Trinil Dwi Turistiani
Diana Esmeralda Rahma
Wahyuni, R., Turistiani , T. D., & Rahma , D. E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Cerpen dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 169–182. https://doi.org/10.30651/st.v17i2.22701

Rincian Artikel

No Related Submission Found