Implementasi Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Cerpen dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh peserta didik yang menemukan hambatan berupa kesulitan dalam mengembangkan ide saat menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model TTW (Think, Talk, Write) berbantuan media cerpen. Jenis pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang disesuaikan dengan tahapan pada kegiatan lesson study. Penelitian dilakukan dalam dua kali siklus pembelajaran di kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan atau observasi dan dokumentasi hasil pembelajaran. Subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi peserta didik dari dua siklus pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 62, sedangkan pada siklus II mencapai 87,5 . Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran yang lebih baik dari peserta didik.
Kata kunci: TTW, peningkatan hasil pembelajaran, menulis puisi
ABSTRACT
The research carried out was motivated by students who found obstacles in the form of difficulties in developing ideas when writing poetry. The aim of this research is an effort to improve poetry writing skills and learning outcomes for writing poetry using the TTW (Think, Talk, Write) model assisted by short story media. The type of this research is Collaborative Classroom Action Research (PTKK) which is adapted to the stages of lesson study activities. The research was carried out in two classroom learning cycles using data collection techniques in the form of observations and documentation of learning results. The research subjects were 28 students in class VIII-F of SMP Negeri 34 Surabaya. The results of the research conducted showed that students' poetry writing skills from the two learning cycles experienced a significant improvement. The average result obtained in cycle I was 62, while in cycle II it reached 87.5. This data shows an increase in better learning outcomes for students.
Keyword: TTW, improving learning outcomes, writing poetry
Artikel teks lengkap
Referensi
Agustin, N. E., & Nuroh, E. Z. (2024). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1). https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1130/777
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Ardiansyah, D., Hodidjah, & Suryana, Y. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci di Kelas 5 SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43–52. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7185/5996
Dwisaptarida, F., Suhendra, & Wiati, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi dengan Metode Four Square pada Siswa Kelas XI. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 83–92. https://doi.org/10.30651/st.v17i1.20325
Ernawati, E., Fauziah, R., & Mustika, I. (2019). Keefektivan Penggunaan Metode Think Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cimahi. PAROLE: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 467–474. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2855
Gustina, G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337
Hastutik, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Menulis Teks Deskriptif. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 62–68. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.724
Inayati, Fatin, I., & Sujinah. (2022). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7, 1–13. http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/5/3
Jupri. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran TTW (Think, Talk and Write)Berbantuan Canva dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Kartu Ucapan Selamat Siswa Kelas X IPA 3 SMAN 1 Pringgarata. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1), 97–105. https://doi.org/10.51878/educator.v2i1.1094
Napisah, Bachri, S., Thalib, & Latang. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1–15. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23771/18932
Paramita, M., Azizah, N., & Ahmadi, A. (2023). Kombinasi Media Pembelajaran Modern dan Tradisional dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Darul Ulum Petiyin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3, 218–230. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/sti.v9i1.2498
Rahma, N. A., Lesmana, R. A., Fitrah, Z., Khoinur, M. H., & Nasution, S. (2024). Strategi Peningkatan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.269
Rinawati, A. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Romlah, S., Setiawan, H., & Nuraini, C. (2024). Penerapan Metode Think Talk Write(TTW) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Menganalisis Unsur InstrinsikBuku Fiksi Terhadap Siswa Kelas VII(Studi Kasus: SMPN 2 Telagasari). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 838–846. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10646722
Suningsih, R. N. (2021). Kooperatif Model TGT Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 246–254. https://jurnalp4i.com/index.php/language/article/view/871/871
Susilo, S. V., Yonanda, D. A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 87–97. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978
Waruwu, V. J., & Hanum, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Strip Story terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 23, 102–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/bahtera.231.09
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Riska Wahyuni, Trinil Dwi Turistiani , Diana Esmeralda Rahma
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.