Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Mahasiswa di Universitas Bina Insan
Abstract
Metode Hypnoteacing merupakan metode pemberikan sugesti positif yang dapat diterima oleh otak melalui pikiran bawah sadar. Tujuan penelitian ini adalalah untuk menganalisis pengaruh penerapan metode hypnoteaching yang dapat memotivasi dan minat mahasiswa Universitas Bina Insan melalui pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan hanya satu kelompok sebagai kelompok perlakuan (one group). Kelompok tersebut berperan sekaligus sebagai kelompok eksperimen dalam penelitian. Eksperimen penelitian dilakukan melalui sampel yang terdiri dari satu kelompok mahasiswa manajemen semester 2 dari fakultas ekonomi dan bisnis tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan pengambilan data dilakukan dengan memberikan hypnoteaching. Pengambilan data dilakukan dengan tes, baik sebelum pemberian hypnoteaching dan sesudahnya. Pelaksanaan uji melalaui SPSS dengan uji-t berpasangan. Hasil analisis data penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode hypnoteaching memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar pada mahasiswa Universitas Bina Insan.
Full text article
References
Agustin, S. A. (2023). Pengaruh Media Komik Digital Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. STILISTIKA: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, Vol. 16 No. 2, Juli 2023, Hal. 281-290.
Brophy, J. (2014). Mitivating Studens TO LEarning. New Jersery: lawrenceErlbaum associates.
Gunawan, A. (2014). Hypnotherapy For Childrent. Jakarta: PT GRAMEDIA.
Hajar, I. (2014). Hypnotheacing; Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar Denagn Hipnoterapi. Yogyakarta: Diva Press.
Hakim, A. (2018). Hypnosis In Teaching Cara Dahsyat Mendidik dan Mengajar. Jakarta: VISIMEDIA.
Inayati, I., Idhoofiyatul, F., & Sujinah, S. (2022). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa, 7(1), 1-13.
KKBI. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA.
KemenagUU-Nomor-12-Tahun-2012. (2012). UUD Nomor 12 T 2012. Jakarta: DIKTI.
Mahfudz, A. (2014). Menciptakan pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteacing. JAKARTA: SIMBIOSA.
N, Y. (2018). Hypnoteaching; Seni Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.
Navis, A. A. (2013). Hypnoteacing:Revolusi Mengajar untuk Melejitkan Prestasi Siswa. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA.
Noer, M. (2016). Hypnoteacing : Revolusi Gaya Mrngajar untuk Melejitkan Prestasi Siswa. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.
Printich, P. R. (2015). Motivasi dan Clasroom Learning. NEW JERSEY: JHONWILEY&SONS,INC.
Rusman, A., Mas’udi, M. M., Hermoyo, R. P., Yarno, Y., Yunianti, S., & Rafsanjani, H. (2023, June). Education transformation in 5.0 society development era. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2727, No. 1). AIP Publishing.
Santrock, J. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PRENADA MEDIA GRUP.
Sardiman. (2019). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: RAJAWALI PRESS.
Sugiono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitattif, AndR&D. Bandung: ALFABETA.
Sujinah, S. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Covid-19. Stilistika Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 256-271.
Tiro, M. (2020). Dasar-Dasar Statistika. MAKASAR: STATE UNIVERSITY OF MAKASSARPRESS.
Uno, H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: BUMI AKSARA.
Nova, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Hypnotheacing terhadap Motifasi Belajar . JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854), Volume 5, Nomor 7, Juli 2022 (2148-2155).
Goni, M. A. (2022). Pengaruh Metode Hypnoteaching terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, November 2022,8 (22), 173-180.
Puspitasari, w. D. (2018). IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Cakrawala Pendas, Vol. 4 No1 .
Authors
Copyright (c) 2024 Hartati Ratna Juita, Herlina Herlina, Asri Riance

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional