Kearifan Lokal Masyarakat Bangka Belitung dalam Cerita Rakyat “Batu Balai”: Kajian Pendidikan Karakter

Lasmi Hartati (1), Lili Liana (2), Muhammad Rozani (3)
(1) Universitas Bangka Belitung, Indonesia,
(2) Universitas Bangka Belitung, Indonesia,
(3) Universitas Bangka Belitung, Indonesia

Abstrak

Terdapat berbagai cerita rakyat atau folklor yang memuat nilai kearifan (lokal) budaya suatu daerah. Cerita rakyat mempunyai ragam arti dalam menciptakan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manfaat cerita rakyat sebagai salah satu bentuk pembentukan karakter. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitiannya berupa dokumen cerita rakyat Batu Balai, serta wawancara dengan informan yang kemudian ditranskip dalam bentuk narasi. Analisis interaktif digunakan untuk menganalisis data,yang divalidasi menggunakan metode triangulasi dan evaluasi informan. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, telah ditemui tujuh karakter yang muncul dari cerita. Karakter yang adalah mandiri, kerja keras, sabar, komitmen, gotong royong, jujur, dan sopan. Nilai yang paling mendominasi dari ketujuh nilai tersebut adalah nilai kerja keras dan gotong royong. Tentu hal tersebut terlihat dari perilaku atau sikap para tokoh dalam cerita. Terutama tokoh utama yang mencoba untuk membantu perekonomian ibunya. Hal tersebut perlu diimplementasikan, karena saat ini era digitalisasi yang membuat anak-anak sibuk dengan gawainya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat. (2016). Batu Balai. Bangka Barat.

Dirman dan Cicik Junarsih . (2014). Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwinuryati, Yustina dan Andayani. (2017). “Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat ″Nyi Andan Sari dan Ki Guru Soka”. Jurnal Artefak: History and Education, Vol.4, No.1.

Fatimah, Firdauzia Nur dan Edy Tri Sulistyo. (2017). “Cerita Rakyat Dewi Sritanjung sebagai Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal”. Proceeding of 2nd International Conference of Arts Language And Culture. Universitas Sebelas Maret.

Habibi, R.K., Kusdarini, E. (2020). "Kearifan Lokal Masyarakat dalam Melestarikan Tradisi Pernikahan Pepadun di Lampung Utara". Jurnal Antropologi : Isu-isu Sosial Budaya, 22(01), 60–69.

Hidayah, N., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2016). Representasi Budaya Jawa dan Barat dalam Novel Rahvayana Karya Sujiwo Tejo. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2).

Ilahi, Mohammad Takdir. (2014). Gagalnya Pendidikan Karakter. Yaogyakarta: Ar-Ruz Media.

Kesuma, Triatna Permana. (2013). Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musdolifah, Ari, dkk. (2023). "Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16 (1), 16.

Pratomo, I.C & Herlambang, Y. T. (2021). "Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter". Jurnal Pedagodik Pendidikan Dasar, 8 (1),7- 15.

Rahmayanti dkk. (2020). "Analysis of Teacher’s Difficulty in Apllying Learning with the SaintificApproach". Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (1),72-80.

Rahmah, U. S., Sujinah, S., & Affandy, A. N. (2020). Analisis Semiotika Pierce pada Pertunjukan Tari Dhânggâ Madura. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 13(2), 203-215.

Safitri dkk. (2022). "Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia". Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 6(4),7076-7086.

Samani dan Hariyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sebayang, S. & Rajagukguk, T. (2019). "Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan". Jurnal Ilmu Manajemen: Methonomix, 2 (2),105-114.

Sujinah, S., Fatin, I., & Rachmawati, D. K. (2018). Bahasa Indonesia.

Yuliani, W. (2018). "Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling". Quanta: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 2 (2), 83-91.

Unsriana, Linda. (2013). “Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Jepang”. Jurnal Humaniora, Vol.4. No.1: 310-317.

Penulis

Lasmi Hartati
lasmihartati24@gmail.com (Kontak utama)
Lili Liana
Muhammad Rozani
Hartati, L., Liana, L., & Rozani, M. (2024). Kearifan Lokal Masyarakat Bangka Belitung dalam Cerita Rakyat “Batu Balai”: Kajian Pendidikan Karakter. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.30651/st.v17i1.20971

Rincian Artikel

No Related Submission Found