Implikatur Percakapan Masyarakat Komering di Pasar Martapura Kabupaten Oku Timur

Erwanto Erwanto (1), Rita Nilawijaya (2), Valendia Dwi Anjani (3)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Baturaja, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Baturaja, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Baturaja , Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Implikatur Percakapan masyarakat Komering di Pasar Martapura Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dalam percakapan masyarakat Komering di Pasar Martapura Kabupaten OKU Timur ditemukan:  1) implikatur ekspresif; 2) implikatur representatif; 3) implikatur komisif; dan 4) implikatur direktif. Implikatur ekpresif yang dilisankan termasuk jenis meminta, mengkritik, dan memuji. Implikatur representatif yang dilisankan termasuk jenis menyatakan. Implikatur komisif yang dilisankan termasuk jenis menolak. Implikatur direktif yang dilisankan termasuk jenis menyuruh. Implikatur transaksi di Pasar Martapura Kabupaten OKU Timur yang sering digunakan adalah implikatur ekspresif. Implikatur ekspresif merupakan tindak tutur yang dimaksudkan penuturnya agar tuturannya diartikan sebagai evaluasi tentang hal yang disebutkan didalam tuturan itu. Tuturan meminta, mengkritik dan memuji, termasuk kedalam jenis implikatur ekspresif.


Kata kunci: Implikatur Percakapan, Masyarakat Komering, Pasar Martapura


 


ABSTRACT


The aim of the research is to describe the conversational implications of the Komering community at Martapura Market, East OKU Regency. This research use desciptive qualitative approach. Based on the results of the analysis carried out, in the conversations of the Komering community at Martapura Market, East OKU Regency, it was found: 1) expressive implicatures; 2) representative implicature; 3) commissive implicature; and 4) directive implicature. The expressive implicatures used include requesting, criticizing and praising. The spoken representative implicature is a type of statement. The spoken commissive implicature is a type of refusal. The verbal directive implicature is a type of command. The frequently used transaction implicature in Martapura Market, East OKU Regency is expressive implicature. Expressive implicatures are speech acts that the speaker intends for his speech to be interpreted as an evaluation of the things mentioned in the speech. Speeches of requesting, criticizing and praising are included in the type of expressive implicature.


Keyword: Conversational Implicature, Komering Community, Martapura Market

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Azwardi. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Darrusalam: Syiah Kuala University Press.

Erwanto., Emilia Contesa., & Aryanti Agustina. (2022). “Analisis Makna Nyanyian Tradisi Diadi Dialek Daya Desa Gedung Wani Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan” dalam Jurnal Stulistika: Jurnal Pendidikanj Bahasa dan Sastra. Vol. 15 no.2.

Fathul, Maujud & Sultan. (2019). Pragmatik: Teori dan Analisis Makna Konteks dalam Bahasa. Mataram: e Press.

Ismail, S.W. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Gawe.

Juniati, S. (2019). Realisasi Tindak Kesantunan Komisif Di Kalangan Masyarakat Pedagang Pasar Tradisional Sungai Pinang Desa Mekarpura Kabupaten Kotabaru. Cendikia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 41–52.

Kunjana, Rahardi. (2019). Pragmatik Konteks Intralinguistik dan Konteks Ekstralinguistik. Yogyakarta: Amara Books.

Mahsun. (2015). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Morissan, M. (2015). Metode Penelitian Survei. Cet-2. Jakarta : Kencana.

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik Tindak Tutur dalam Media Sosial. Banten: Penerbit Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia.

Pandegani, M. R., Sunarya, & Supanjari, B. (2020). Implikatur dalam Tuturan Jual Beli Pedagang Kaki Lima di Malioboro. Seminar Nasional Daring "Bahasa, Sastra.

Putrayasa, I. B. (2018). Pragmatik (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, K. (2015). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, Nana. (2006). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Aglensindo

Sulfiana, & Irma, C. N. (2019). Analisis Fungsi Dan Bentuk Implikatur Dalam Iklan Sprite: Kenyataan Yang Menyegarkan Di Televisi. Hasta Wiyata, 2(2), 26–32.Swastha, Basu. 2017. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberti Yogyakarta.

Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks. Surabaya: Graniti

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Siti, Isnaniah. (2018). Analisis Implikatur Percakapan Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(2).

Wafia, Luluk Zahrotul Khasanatil. (2022). Sindiran dan Implikatur Percakapan Pada Siniar (Podcast) Dedy Corbuzier Bulan Februari Tahun 2022. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Darussalam). http://repository.library-iaida.ac.id/id/eprint/416/1/LULUK%20ZAHROTUL%20SKRIPSI.pdf

Penulis

Erwanto Erwanto
erwantow420@gmail.com (Kontak utama)
Rita Nilawijaya
Valendia Dwi Anjani
Erwanto, E., Nilawijaya, R., & Anjani, V. D. (2024). Implikatur Percakapan Masyarakat Komering di Pasar Martapura Kabupaten Oku Timur. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 345–366. https://doi.org/10.30651/st.v17i2.20694

Rincian Artikel

No Related Submission Found