Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi dengan Metode Four Square pada Siswa Kelas XI

Febrisa Dwisaptarida (1), Suhendra (2), Iis Wiati (3)
(1) Universitas Pakuan, Indonesia,
(2) Universitas Pakuan, Indonesia,
(3) SMA Negeri 5 Kota Bogor, Indonesia

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini, yaitu ditemukannya data bahwa para siswa kerap mengalami kesulitan dalam menyusun teks argumentasi secara efektif dan padu. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk meninjau pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks argumentasi kegiatan lesson study dan meninjau peningkatan keterampilan menulis teks argumentasi dengan metode four square pada siswa kelas XI. Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif kegiatan lesson study. Pelaksanaan PTKK ini dilakukan dalam dua kali siklus dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI A di SMAN 5 Kota Bogor. Dalam penelitian ini diperoleh data adanya peningkatan keterampilan menulis siswa kelas XI dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai rata-rata yang diperoleh para siswa di siklus satu mencapai 73,11 sedangkan di siklus dua mendapatkan nilai rata-rata 89,5. Data ini menunjukkan metode four square meningkatkan keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas XI A di SMAN 5 Kota Bogor.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.

Diana, F., & Perdani, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Materi Menulis Teks Argumentasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan. Aliterasi : Jurnal Pendidikan , Bahasa Dan Sastra, 3(01), 63–69.

Gould, J.S., & Burke, M. F. (2010). Four Squares for Writing Assesment Secondary: A Companion to the Four Square Writing Method. USA: Teaching & Learning Company.

Gould, Judith S., & Gould, E. J. (1999). Four Square Writing Method for Grades 7-9: A Unique Approach to Teaching Basic Writing Skills. USA: Teaching & Learning Company.

Hardi, D. (2020). The Use Of The Four Square Writing Method In Improving Students’ Writing Ability Through Narrative Writing In Medan Mulia Elementary School. ICOGESS, 1–5. https://doi.org/10.4108/eai.14-3-2019.2291982

Inayati, I., Idhoofiyatul, F., & Sujinah, S. (2022). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa, 7(1), 1-13.

Mahiroh, L. Z. (2022). Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar. Senada (Seminar Nasional Daring), 414–419.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE.

Sakke, E. B. (2019). Keefektifan Model Contextual Teaching and Learning dalam Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palopo. Sinestesia, 9(2), 84.

Sartika, Y., Akbar, R., & Rosmiati, A. (2023). Penerapan Metode Luring Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri Lawe Sumur Tahun Pembelajaran 2021/2022. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 162–172. https://doi.org/10.55606/tuwahpande.v2i1.219

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Sujinah, S. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Covid-19. Stilistika Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 256-271.

Yuliani, Y., & Sujinah, S. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 170-180.

Yunus, Y., Makassar, U. N., Dollah, S., Makassar, U. N., & Makassar, U. N. (2021). The Use of Four-Square Technique to Improve Students’ Writing Ability. Tamaddun Life Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 20(1), 1–14.

Penulis

Febrisa Dwisaptarida
Suhendra
Iis Wiati
iiswiati0@gmail.com (Kontak utama)
Dwisaptarida, F., Suhendra, & Wiati, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi dengan Metode Four Square pada Siswa Kelas XI. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 83–92. https://doi.org/10.30651/st.v17i1.20325

Rincian Artikel

No Related Submission Found