Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khisna Pabichara

Muhammad Harsan (1), Yarno Yarno (2), R. Panji Hermoyo (3)
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UMSurabaya, Indonesia,
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UMSurabaya,
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UMSurabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitia ini adalah 1) Mendeskripsikan implikatur percakapan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara,2) Mengetahui implikatur percakapan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendata percakapan yang mengandung implikatur percakapan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, setelah itu menganalisis. Hasil penelitian ini dapat disimpulakan, implikatur percakapan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara menggunakan implikatur konversional. 23 sampel percakapan yang memiliki implikatur perckapan dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, daam percakapan memiliki makna, novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabicahara setiap percakapan mentaati ciri-ciri implikatur percakapan. Implikasi dari novel Sepatu Dahlan diharapkan menjandi salah satu pertimbangan pembelajaran, sebagai saran komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulisan melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Fatin, I. (2016). Eufemia Hotel Prodeo pada Berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30651/st.v8i2.84

Fatin, I. (2016). Optimalisasi Literasi Membaca pada Mahasiswa Nonbahasa dengan Metode Pagitukul (pasangan-berbagi-waktu-pukul). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Fitri, D. N., & Kartika, P. C. (2016). Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV pada Januari 2015. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.

Hernita. 2014. Implikatur Percakapan pada Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya anum Salabiela Rais dan Rangga Almahendra serta Implikatur Terahadap Pembelajaran Bahasa dan Satra Indonesia. Jakarta, Universitas Islam Negeri Syafir Hidayatullah.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).

Hindun. 2012. Pragmatik Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta, Nufa Citra.

Idhoofiyatul, F., R Panji, H., & Aris, S. (2017). Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa, 2(2), 179-188.

Kosasih. 2011. E. Dasar-dasar keterampilan Bersastra. Bandung, Y rama Widya.

Ishaq, M., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2016). Budaya Lokal dalam Novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Izzati, A. (2018). Kreativitas Pendongeng Cilik dalam Bercerita. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1).

Kridalaksana, Harimurti dan Wijana. 1994. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia

Leech, Geoffrey. 1991. Principle of pragmatics. London: Longman,

Levinsio dan Rahardi. 2003. Presumptive Meaning: The Theory of generalized Conversational Implicature. Cambridge. Mass: MTT press.

Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.

Puspita, F. Y., & Yarno, Y. (2018). Semiotika Film Di Balik 98. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1).

Rachmawati, D. K. (2016). Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2).

Santori, Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. cv. Bandung, Alfabeta.

Santoso, Wijaya Heru dan Wahyuningtyas, dan Sri. 2010. Pengantar Apresiasi Prosa.

Sugiyono. 2013. Metode Penalitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). cv Bandung, Alfabeta.

Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.

Teew, A. 1988 Sastra dan Ilmu sastra, Pengantar Teori. Jakarta. Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993 (penerjemah: Melani Budiatan). Teori Kesusastraan. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Yule, George 2006. Pragmatics Oxford University Press.Yogyakarta, Pustaka Prlajar.

Penulis

Muhammad Harsan
muh.harsan.pbsi@gmail.com (Kontak utama)
Yarno Yarno
R. Panji Hermoyo
Harsan, M., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2018). Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khisna Pabichara. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(1), 79–94. https://doi.org/10.30651/st.v11i1.1934

Rincian Artikel

No Related Submission Found