Validitas Modul Proyek “Legenda Surabaya” Berbantukan Qr Code Kurikulum Merdeka Fase B

Ahmad Mahmudi (1), Setya Yuwana (2), Titik Indarti (3), Hendratno Hendratno (4)
(1) Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, Indonesia,
(2) Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(3) Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(4) Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

Validity of "Legend of Surabaya" Project Module Using Qr Code of Kurikulum Merdeka Phase B

  ABSTRAK

Modul proyek “Legenda Surabaya†berbantukan QR Code dibuat untuk memberikan panduan teknis pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul proyek untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan metode penelitian kombinasi. Fokus penelitian adalah untuk mengetahui kevalidan modul proyek. Penelitian ini masuk dalam kuantitatif. Kevalidan modul proyek ini mencakup empat aspek yaitu kevalidan kelayakan isi, kevalidan kelayakan bahasa, kevalidan kelayakan penyajian dan kevalidan kelayakan kegrafikaan. Hasil validasi kelayakan isi dengan skor rata-rata 4, kelayakan bahasa dengan skor rata-rata 3, kelayakan peyajian dengan skor rata-rata 4, dan kelayakan kegrafikaan dengan skor rata-rata 4. Persentase hasil validasi 88%, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul proyek “Legenda Surabaya†berbantukan QR Code yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

Kata kunci: Validitas Modul Proyek, Legenda Surabaya, QR Code, Kurikulum Merdeka


ABSTRACT

The QR Code-supported "Legenda Surabaya" project module was created to provide technical guidance for the implementation of project activities to strengthen the profile of Pancasila students. This study aims to determine the quality of the project module to increase the profile of Pancasila students in grade IV elementary schools in implementing the Kurikulum Merdeka. This research is part of development research with a combination research method. The research focus is to determine the validity of the project module. This research is included in quantitative. The validity of this project module includes four aspects, namely content feasibility validity, language feasibility validity, presentation feasibility validity and graphic feasibility validity. The validation results of content eligibility with an average score of 4, language eligibility with an average score of 3, presentation feasibility with an average score of 4, and graphic feasibility with an average score of 4. The percentage of validation results is 88%, so it can be concluded that the module the “Legenda Surabaya†project with the help of the QR Code that was developed is very feasible to use.

Keyword: Project Module Validity, Legend of Surabaya, QR Code, Kurikulum Merdeka

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Afiani, K. D. A. (2020). Implementasi Kultur Literasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di Era Revolusi Industri 4.0. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/issue/view/460

Rahmawati, Defi Putri, Fatin, I., & Ridlwan, M. (2020). Implikatur Konvensional Bermodus Imperatif Pada Tuturan Motivasi Merry Riana Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Imperative Modeling Onventional Implications On Merry Riana Motivation And Its Relevance Towards Indonesian Learning. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/5357/3018

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45–50. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/251/170

Dharma, Y. P., Aristo, T. J. V., Sijono, S., & Elisa, H. (2021). English Learning Media Based on Local Wisdom for Teaching Writing Descriptive Text. Journal of English Educational Study (JEES), 4(2), 140–147. https://doi.org/10.31932/jees.v4i2.1327

Erlistiana, D., Nawangsih, N., Aziz, F. A., Yulianti, S., & Setiawan, F. (2022). Penerapan Kurikulum dalam Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Ãl-Fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–15. 10.54396/alfahim.v4i1.235

Fatin, I., & Yunianti, S. (2019). KUALITAS BAHAN AJAR KETERBACAAN BERORIENTASI DIRECT INSTRUCTION. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1866/1530

Fatin, I., Yunianti, S., Veronica, N., & Mahmudi, A. (2022). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Analisis Aspek Utama Kerangka Kebahasaan Pada Siswa SD Homeschooling Usia 7 Tahun Pendahuluan Dalam verbal berinteraksi , karena bahasa menghadirkan konsep dan bentuk untuk memediasi dan penting mengorganisasikan Selain it. 8(2), 150–162. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/1911/1281

Fauziyah, E., Panji Hermoyo, R., Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, P., Dan Ilmu Pendidikan, F., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2021). Simbol Pada Tradisi Megengan di Desa Kedungrejo, Waru, Sidoarjo (Kajian Semiotika Roland Barthes). Prosiding Samasta, 0(0). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/232%20%E2%80%93%20239

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Indarti, T., Tjahjono, T., Fanani, U. Z., & Kurniawati, W. (2023). Pendampingan penulisan karya ilmiah untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi guru bahasa indonesia smp di lamongan. 04(01), 10–16. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v4i1.3892

Kusni, K., Nasution, N., Suprijono, A., & Hendratno, H. (2021). Pengembangan Media Ebook Cergam Berbasis Kearifan Lokal Batik Tanjung Bumi Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 234–250. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.9237

Mahmudi, A., & Wiryanto, W. (2022). Kajian dan Penerapan Pelaksanaan Kurikulum Darurat Covid Di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(3), 340–352. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/13715/5532

Mariana, N., Julianto, J., Subrata, H., Balqis, K. I.,

Rachmadina, C. D., Anindya, V. H. K., & Sholihah, S. A. (2023). Desain Pembelajaran STEAM dengan Media Selasi untuk Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 240–250. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2809

Musdolifah, A., Maulida, N., & Yankiapoli, Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 195. https://doi.org/10.30651/ST.V16I1.15700

Veronika, N., Yunianti, S., & Fatin, I. (2022). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Dan Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Anak Tk Usia 5-6 Tahun.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal_ Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Besicedu, 6(3), 3639–3648.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Rokhimah, I. M., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1 Pada Model Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, IX(2), 150–160. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24–37. https://doi.org/10.24929/ALPEN.V5I1.75

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 26–37.

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 7(1), 1–17. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/nizamulilmi/article/view/124

Sujinah, S. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 256. https://doi.org/10.30651/ST.V13I2.5444

Sulaiman. (2022). Pengembangan Kurikulum (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3752–3760. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645

Sunarsih, S., Sujinah, S., & Ngatma’in, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerpen Dengan Metode Mind Mapping Kelas VI. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/7560

Suryanti, S., Mariana, N., Yermiandhoko, Y., & Widodo, W. (2020). Local wisdom-based teaching material for enhancing primary students’ scientific literacy skill. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 96–105. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32898

Tejokusumo, B., & Shalihati, S. F. (2022). Pengembangan E-Modul IPS Berbasis Literasi dan Perubahan Sosial Budaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 551–574. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.730

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., & Hermawati, T. R. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. 3(2), 43–49.

Wijiningsih. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal | Wijiningsih | Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Retrieved May 12, 2022, from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9760/4612

Wulandari, N., Hendratno, & Indarti, T. (2020). Development of Pop-Up Book Media Based on Balanced Literacy Approach to Improve Skills of Reading Class 1 Students Basic School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 593. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1726

Yuwana, S., Sudikan, Hendratno, & Istiq’faroh, N. (2023). Trends in Local Wisdom-Based Learning Research: Bibliometrics Using Scopus Data from 2016 to 2022. In Proceedings of the Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0

Zahroh, R., Martati, B., & Setiawan, F. (2022). Analisis Perkembangan Sosio-Emosional Anak Kelas V Selama Pelaksanaan Belajar dari Rumah. Edumaspul, 6(1), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.polymertesting.2019.106211

Zulaeha, I. (2019). Pembelajaran Menulis Kreatif Teori, Model, dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Penulis

Ahmad Mahmudi
ahmadmahmudi.21030@mhs.unesa.ac.id (Kontak utama)
Setya Yuwana
Titik Indarti
Hendratno Hendratno
Biografi Penulis

Ahmad Mahmudi, Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

 
Mahmudi, A., Yuwana, S., Indarti, T., & Hendratno, H. (2023). Validitas Modul Proyek “Legenda Surabaya” Berbantukan Qr Code Kurikulum Merdeka Fase B. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 387–400. https://doi.org/10.30651/st.v16i2.19243

Rincian Artikel

No Related Submission Found