Penerapan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Inspiratif di Kelas IX
Abstrak
Application of The Field Trip Method In Learning To Write Inspirational Narrative Texts in The Ninth Class
ABSTRAK
Gaya naratif adalah tipikal tulisan inspirasional. Emosi pembaca akan tergugah oleh pesan dan kesan mendalam yang termuat dalam literatur ini. Banyak siswa kesulitan mempelajari cara menulis teks narasi inspiratif  karena model atau metode yang digunakan di kelas tidak kondusif untuk gaya belajar mereka. Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan, "Seberapa bermanfaatkah metode kunjungan lapangan dalam mengajar siswa menulis narasi motivasi?". Metode yang diambil di sini bersifat eksperimental. Data skor probabilitas Sig dikumpulkan pada tes terakhir. (2 tailed) sebesar 0,007 yang berarti < 0,05, maka dinyatakan terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengandengan derajat kebebasan (df) = n1+ n2-2 = 19+18-2 = 35, nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,05 didapat t hitung = 2,832 dan t tabel = 1,689, dengan demikian t hitung > t tabel yaitu 2,832 > 1,689.
Kata kunci:Â karyawisata, metode pembelajaran, outdoor learning, teks cerita inspiratif
ABSTRACT
Narrative style is typical of inspirational writing. Readers' emotions will be stirred by the profound messages and impressions included in this literature. Many students struggle to learn how to write motivational narrative texts because the model or method employed in class is not conducive to their learning style. The research group behind this study set out to answer the question, "How useful is the field trip method in teaching students to write motivational narratives?" The approach taken here is experimental in nature. The Sig probability score data was collected in the last test. (2 tailed) of 0.007 which means < 0.05, it is stated that there is a significant difference between the experimental class and the control class with degrees of freedom (df) = n1+ n2-2 = 19+18-2 = 35, probability value (sig.) of 0.05 obtained t count = 2.832 and T table = 1.689, thus t count > t Table is 2.832 > 1.689.
Keyword:Â inspirational story texts, field trips, learning methods, outdoor learning
Artikel teks lengkap
Referensi
Afnita, Atmazaki, & Iryana, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kota Sawahlunto. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 19-23.
Inayati, I., Fatin, I., & Sujinah, S. (2022). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa , 1-13.
Jufrianto. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Karyawisata Siswa Kelas X SMAN I Pakue Kabupaten Kolaka Utara. Skripsi, 1-56.
KBBI. (2023, January 2). KBBI Daring. Retrieved July 10, 2023, from Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa: https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Keraf, G. (2020). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Khodijah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Siswa SMP Negeri 33 Palembang. Wahana Didaktika, 20(1), 103-115.
Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2019). Jenis-jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Rahmayani, I., & Idawati, I. (2021). Keefektifan Metode Karya Wisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2, 52-57.
Ridwan, M., Naila, I., & Nurdianah, L. (2022). Penbekalan Literasi Dasar Guru Sekolah Dasar Islam Untuk Mencapai Sustainable Develepment Goal (SDGs): Pendidikan Berkualitas. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 249-262.
Rosyid, M. Z., Rofiqi, & Yumnah, S. (2019). Outdoor Learning Belajar di Luar Kelas. Pamekasan: Literasi Nusantara.
Sembiring, R., & Juwita, P. (2021). Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bertema Keindahan Alam. Jurnal Komunitas Bahasa, 9(1), 62-67.
Sholihah, K. A. (2021). Penggunaan Aplikasi Comic Strip It dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif di Kelas IX MTSN 1 Nganjuk. Skripsi, 1-92.
Soelistiowati, E., Sujinah, S., & Affandy, A. (2018). Film Zootopia: Alternatif Media dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas 8 SMP Negeri 22 Surabaya. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 82-93.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Zhuhuri, M. Azadien Nuzul et al. Validitas Video Pembelajaran Teks Deskripsi “Wisata Religi Suroboyo†Fase D. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 455-460, may 2023. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1192.
Zulaeha, I. (2019). Pembelajaran Menulis Kreatif Teori, Model, dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.
Penulis
Hak Cipta (c) 2023 Awan Kristiyanto Putra, Muhammad Sholeh, Ahmad Maskur Subaweh

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional