Miskonsepsi Warganet Terhadap Isu Feminisme dalam Unggahan Twitter @Magdalena
Abstrak
Netizens' Misconceptions of Feminism Issues in @Magdalena's Twitter Uploads
Â
ABSTRAK
Magdalene adalah akun edukasi yang berfokus pada feminisme. Penyebaran konten feminisme oleh Magdalene mendapat beragam respons, salah satunya adalah miskonsepsi warganet tentang paham feminisme. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan miskonsepsiwarganet terhadap isi dalam unggahan Magdalaene di Twitter. Data dikumpulkan dari komentar warganet di unggahan pada 18 November 2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa warganet miskonsepsi atau salah paham terhadap wacana feminisme dari unggahan Magdalene, yakni laki-laki harus kuat, laki-laki sebagai pencari nafkah utama, dan bapak rumah tangga. Hal ini mengindikasikan bahwa wacana tersebut belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat.
Kata kunci:Â cerpen, teori resepsi sastra,tanggapan pembaca
Â
ABSTRACT
Magdalene is an educational account focused on feminism. Magdalene's dissemination of feminist content received various responses, one of which was netizens' misconceptions about feminism. This study describes netizens' misconceptions about the content in Magdalaene's uploads on Twitter. Data was collected from netizen comments uploaded on November 18, 2022. This research uses a qualitative descriptive method. The results showed that netizens had misconceptions or misunderstood the discourse of feminism from Magdalene's uploads, namely that men must be strong and that men are the main breadwinners and fathers of the household. This indicates that the discourse has not been fully accepted by the public.
Keyword:Â short stories, literary reception theory, reader responses
Artikel teks lengkap
Referensi
Abbas, N. (2020). Dampak feminisme pada perempuan. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 14(2), 187-198.
Adam, F., Palupi, M. F. T., & Pradana, B. C. S. A. (2022, August). Analisis Resepsi Khalayak Tentang Feminisme Pada Media Alternatif. In Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 21-25).
Arinahaten, Meywa Ajeng. (2021). Pertentangan Pemikiran Antara Gerakan Feminisme Dan Anti-Feminisme di Indonesia. Kusa Lawa Vol 1 issue 2.
Cahya, P., & Wahyu, I. (2017). Istilah Asing Produk Bahasa Suroboyoan Sebagai Bahan Pembelajaran Kearifan Lokal Kota Surabaya: Kajian Sosiolinguistik. Belajar Bahas Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 59 - 68. doi: https://doi.org/10.32528/bb.v2i1.647
Effendy, O.U., (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Irsyad, H., Ridlwan, M., & Cahya , P. (2016). Pluralisme Agama dalam Kakawin Sutasoma. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 48 - 61. doi: http://dx.doi.org/10.30651/st.v9i2.1179
Karim, A. (2014). Feminisme: Sebuah model penelitian kualitatif. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 10(1), 83-98.
Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying Di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1-14.
Ratnasari, S., & Suleeman, J. (2017). Perbedaan regulasi emosi perempuan dan laki-laki di perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, 15(1), 35-46.
Ratna, M. (1999). Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru
Tentang Relasi Gender. Bandung: Mizan.
Salim, R. P., & Winardi, Y. K. (2020, August). MASKULINITAS TOKSIK DALAM FILM FIGHT CLUB OLEH DAVID FINCHER. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 4, No. 1).
Suryani, Yunita, dkk. (2021). Linguistik Forensik Ujaran Kebencian terhadap Artis Aurel. Jurnal Belajar Bahasa. Vol.6 No.1 hal.107-118.
Sujinah, S., Muhammad, H., & Ngatma'in, N. (2021). Gender Bias Perspective in Indonesian Language Textbooks and Related Sociocultural in Indonesia. ender Bias Perspective in Indonesian Language Textbooks and Related Sociocultural in Indonesia, (pp. 535 - 546).
Savira, E., Suyatno, S., Subandiyah, H., Suhartono, S., Pairin, U., & Darni, D. (2021). Cross-Cultural Narratives in Literature for Children: A Cyber Semiotics Analysis. Proceedings of the International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021), (pp. 91 - 95).
Sujinah, S., Fatin, I., & Karina, D. (2018). Buku Ajar Bahasa Indonesia. UM Surabaya Publishing.
Hermansyah di Media Sosial Instagram
Ulfahm Isnatin. (2012). Menolak Kesetaraan: Counter-Discourse dan Motif Politik di Balik Gagasan Anti Feminisme MHTI. Musawa vol. 11 issue 1
Isnah, E. S., Suyatno, & Subandiyah, H. (2022). The Effect of Digital Literacy on Language Ability in Higher Education: Experience From a Developing Country. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(11), 215–222. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i11.5425
Penulis
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.