Penerapan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara BIPA Tingkat A1

Septi Karina (1), Arif Budi Wurianto (2), Arti Prihatini (3)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Application of Cartoon Image Media in Learning BIPA Speaking Skills Level A1

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media gambar kartun untuk pembelajaran keterampilan berbicara BIPA tingkat A1 di UPT BIPA Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian media gambar kartun dapat diterapkan untuk pembelajaran keterampilan berbicara BIPA. Tahapan yang dilakukan perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara BIPA mengacu pada lesson plan yang telah disusun. Mengemukakan langkah-langkah pembelajaran keterampilan berbicara BIPA menggunakan media gambar kartun. Aspek keterampilan berbicara yang diperoleh menggunakan media gambar kartun. 1) Aspek ketepatan kosakata yaitu menyebutkan kata dengan lingkup makna yang sama, 2) Aspek ketepatan kalimat yaitu membuat kalimat tunggal yang memenuhi syarat fungsi sintaksis dan 3) Aspek ketepatan pelafalan yaitu mahasiswa BIPA masih salah melafalkan huruf dalam bahasa Indonesia. Manfaat penggunaan media gambar kartun pada pembelajaran keterampilan berbicara BIPA menjadi salah satu alternatif baru dalam pembelajaran BIPA, membuat pembelajaran menarik, mahasiswa BIPA lebih aktif serta memberikan respon positif selama pembelajaran.

Kata kunci: BIPA, Media, Keterampilan Berbicara

 

ABSTRACT

This study aims to describe the application of cartoon image media to learn BIPA speaking skills at A1 level at Technical Implementation Unit (UPT) BIPA, University of Muhammadiyah Malang. This research used a qualitative approach with descriptive methods. The results of the cartoon image media research can be applied to learn BIPA speaking skills. The stages carried out by lesson plan of BIPA speaking skills which have been compiled. Explaining steps for learning BIPA speaking skills using cartoon image media. Aspects of speaking skills are obtained by using cartoon images as media. 1) Aspects of accuracy of vocabulary, namely mentioning words with the same scope of meaning, 2) Aspects of accuracy of sentences, namely making single sentences that meet the requirements of the syntactic function and 3) Aspects of accuracy of pronunciation, namely BIPA students still mispronounce letters in Indonesian. The benefits of using cartoon media in learning BIPA speaking skills are a new alternative in BIPA learning, making learning interesting, BIPA students more active and giving positive responses during learning.

Keyword: BIPA, Media, Speaking Skill

Referensi

Read More

Penulis

Septi Karina
septikarina19@gmail.com (Kontak utama)
Arif Budi Wurianto
Arti Prihatini
Karina, S., Wurianto, A. B., & Prihatini, A. (2023). Penerapan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara BIPA Tingkat A1. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 75–88. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15512

Rincian Artikel

No Related Submission Found