Penerapan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara BIPA Tingkat A1

Septi Karina (1), Arif Budi Wurianto (2), Arti Prihatini (3)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Application of Cartoon Image Media in Learning BIPA Speaking Skills Level A1

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media gambar kartun untuk pembelajaran keterampilan berbicara BIPA tingkat A1 di UPT BIPA Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian media gambar kartun dapat diterapkan untuk pembelajaran keterampilan berbicara BIPA. Tahapan yang dilakukan perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara BIPA mengacu pada lesson plan yang telah disusun. Mengemukakan langkah-langkah pembelajaran keterampilan berbicara BIPA menggunakan media gambar kartun. Aspek keterampilan berbicara yang diperoleh menggunakan media gambar kartun. 1) Aspek ketepatan kosakata yaitu menyebutkan kata dengan lingkup makna yang sama, 2) Aspek ketepatan kalimat yaitu membuat kalimat tunggal yang memenuhi syarat fungsi sintaksis dan 3) Aspek ketepatan pelafalan yaitu mahasiswa BIPA masih salah melafalkan huruf dalam bahasa Indonesia. Manfaat penggunaan media gambar kartun pada pembelajaran keterampilan berbicara BIPA menjadi salah satu alternatif baru dalam pembelajaran BIPA, membuat pembelajaran menarik, mahasiswa BIPA lebih aktif serta memberikan respon positif selama pembelajaran.

Kata kunci: BIPA, Media, Keterampilan Berbicara

 

ABSTRACT

This study aims to describe the application of cartoon image media to learn BIPA speaking skills at A1 level at Technical Implementation Unit (UPT) BIPA, University of Muhammadiyah Malang. This research used a qualitative approach with descriptive methods. The results of the cartoon image media research can be applied to learn BIPA speaking skills. The stages carried out by lesson plan of BIPA speaking skills which have been compiled. Explaining steps for learning BIPA speaking skills using cartoon image media. Aspects of speaking skills are obtained by using cartoon images as media. 1) Aspects of accuracy of vocabulary, namely mentioning words with the same scope of meaning, 2) Aspects of accuracy of sentences, namely making single sentences that meet the requirements of the syntactic function and 3) Aspects of accuracy of pronunciation, namely BIPA students still mispronounce letters in Indonesian. The benefits of using cartoon media in learning BIPA speaking skills are a new alternative in BIPA learning, making learning interesting, BIPA students more active and giving positive responses during learning.

Keyword: BIPA, Media, Speaking Skill

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Akmaliah, D. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal KREDO, Vol 2, No 2, hal 181-194.

Andajani, I. V. (2021). Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah untuk Pembelajaran BIPA Daring . Jurnal Pendidikan, Vol 6, No 7, hal 1066—1075.

Asteria, P. V. (2019). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Di Kelas Multi-Level BIPA. Jurnal KODE, Vol 8, No 2, hal 1-17.

Bewe, W. A. (2020). Listening Learning of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) for Academic Purposes. Journal of Education, Teaching, and Learning , Vol 5, No 2. hal 401-408.

Erowati, F. S. (2021). Tingkat Kemampuan Berbicara Pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Tingkat Pemula Menggunakan Tes Teks Deskripsi. Jurnal Tabasa, Vol 2, No 2, hal 20-38.

Gustyawan, T. (2019). Bermain Peran (Role Play) Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pembelajar BIPA Tingkat Pemula. Jurnal DESKOVI :, Vol 2, No2, hal 65-68.

Hapsari, A. M. (2021). Materi Ajar Berbicara Menggunakan Media Audio: BIPA Level 1. Jurnal Repetisi, Vol 4, No 2, Hal 63-73.

Hashim, A. R. (2016). Persepsi guru terhadap penggunaan kartun dalam transformasi pengajaran penulisan karangan Bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, Vol 2, No 1, hal 129-140.

Huda, M. (2013). Model- Model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnaini, M. (2016). Pengajaran BIPA Dengan Media Gambar- Tulis Narasi. PROSIDING SEMAR (Seminar Kepakaran) BIPA 1, hal 223-236.

Khaerunnisa, P. U. (2021). Pemanfaatan Media Papan cerita Rakyat Dalam Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA Level 6. Jurnal Matapena , Vol 4, No 2, hal 193-201.

Panich, A. R. (2021). Pengambangan Bahan Ajar BIPA Daring TIngkat Pemula Rendah . Jurnal RANAH , Vol 10, No 1, hal 154-168.

Ramliyana, R. (2016). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta). Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol 1, No 1, hal 8-17.

Rosita, F. Y. (2019). Pengembangan Teknik Interactive-Communicative Games Untuk Keterampilan Berbicara BIPA Kelas Pemula. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 19, No 1, hal 51-60.

Widianto, E. (2017). Media Wayang MIni Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pelajar BIPA A1. Jurnal Kredo, Vol 1, No 1, hal 120-140.

Penulis

Septi Karina
septikarina19@gmail.com (Kontak utama)
Arif Budi Wurianto
Arti Prihatini
Karina, S., Wurianto, A. B., & Prihatini, A. (2023). Penerapan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara BIPA Tingkat A1. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 75–88. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15512

Rincian Artikel

No Related Submission Found