Analisis Sebaran Level Kognitif HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom pada Soal Penilaian Harian Materi Teks Pidato Persuasif di SMPN 1 Bambanglipuro Bantul

Riswanda Himawan (1), Pujiati Suyata (2)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Analysis of Hots Cognitive Level Distribution Based on Bloom's Taxonomy on Daily Assessment Questions of Persuasive Speech Text at SMPN 1 Bambanglipuro Bantul

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil sebaran level kognitif HOTS sesuai dengan Taksonomi Bloom pada soal Penilaian Harian (PH) materi teks pidato persuasif di SMPN 1 Bambanglipuro Bantul. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kuantitaif. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Penelitian ini meliputi beberapa langkah, yaitu (1) memberikan lembar soal dan telaah soal berkaitan dengan kesesuaian tiap butir soal terhadap indikator level kognitif HOTS berdasarkan taksonomi Bloom di antarannya adalah C4, C5, dan C6; (2) menganalisis hasil telaah soal yang sudah diuji validitas nya oleh expert; (3) mengkorelasikan hasil penilaian ahli dengan rumus Aiken V; (4) mengelompkkan masing-masing butir soal sesuai dengan level kognitifnya; (5) mendeskripsikan level kognitif yang dominan digunakan guru terhadap soal evaluasi yang dibuat dan diujikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menujukkan bahwa berdasarkan hasil validitas yang dilakukan kepada ahli yang dikorelasikan dengan rumus Aiken V diperoleh skor 0,40-0,80 dengan kategori sangat valid. Dari 27 soal yang dikembangkan dan dianalisis memperoleh hasil 13 soal dengan level kognitif C4 (menemukan), 9 soal dengan level kognitif C5 (mengevaluasi), dan 5 soal dengan level kognitif C6 (mencipta).

Kata kunci: Analisis, Level, Kognitif, PH, SMP 1 Bambanglipuro

ABSTRACT

This study aims to describe the results of the distribution of HOTS cognitive levels according to Bloom's Taxonomy on the Daily Assessment (PH) material for persuasive speech texts at SMPN 1 Bambanglipuro Bantul. This research is included in the type of quantitative descriptive research. Data were collected by documentation technique. This research includes several steps: (1) provide question sheets and questions analysis related to the suitability of each item to the HOTS cognitive level indicators based on Bloom's taxonomy including C4, C5, and C6; (2) analyzing the results of the questions analysis that have been tested for validity by the expert; (3) correlate the results of the expert assessment with the Aiken V formula; (4) grouping each item according to its cognitive level; (5) describe the dominant cognitive level used by the teacher on evaluation questions made and tested on students. The results of the study show that based on the results of the validity carried out to experts who correlated with the Aiken V formula, a score of 0.40-0.80 was obtained with a very valid category. Based on the 27 questions which are developed and analyzed, the results obtained 13 questions with a cognitive level of C4 (finding), 9 questions with a cognitive level of C5 (evaluating), and 5 questions with a cognitive level of C6 (creating).

Keyword: Analysis, Cognitive Level, Daily Assessment, SMP 1 Bambanglipuro

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arzfi, B. P., Ananda, R., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kesulitan Level Kognitif pada Evaluasi Sumatif Mata Pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 129–137. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1918.

Azizah, N., Hanifah, H., & Sumardi, H. (2021). Analisis kualitas dan tingkat kognitif soal matematika penilaian akhir semester (PAS) ganjil kelas IX di SMPN 10 Kota Bengkulu tahun 2020/2021. Mathematics Education, 2(2), 51-60.

Dhini, M. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thingking Skill) Pada Teks Deskripsi SMP Kelas VII. Universitas Lampung.

Erfan, M., Nurwahidah, Anar, A. P., & Maulyda, M. A. (2020). Identifikasi Level Kognitif pada Soal Ujian Akhir Semester Gasal Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.1954.

Fauzi, F., Sumardi, H., & Hanifah, H. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II Terbitan Putra Nugraha Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177-188.

Giani, G., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis tingkat kognitif soal-soal buku teks matematika kelas VII berdasarkan taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 78-98.

Hidayah, A. S. (2016). Efektivitas Penggunaan Google Form Pada Penilaian Harian Aspek Kognitif Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Di Mts Ma’arif Nu 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. 1717661002, 1–80.

Himawan R., & Nurgiyantoro, B. (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN ( Analysis of exercise items for odd semester end of semester Indonesian language subjects class . 8(1), 160–180.

Imansari, D. W., & Risminawati, M. P. (2018). Kualitas Butir Soal Uas Gasal Mata Pelajaran Pkn Ditinjau Dari Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas IV SDN Dabin 1 Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kemdikbud. (2019a). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kemdikbud. (2019b). Modul Penyususnan Soal Higher Order Thingking Skills (HOTS). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Kurniawan, T. K. (2015). Analisis butir soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 1-6.

Puspita, D., Mandasari, B., & Sari, K. (2021). Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Soal Berbasis Hots Pada Guru Bahasa Inggris Sman 1 Kota Gajah. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 048-055.

Syarifah, L. L., Yenni, Y., & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1259–1272. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.335.

Utami, I. P., & Aryeni, A. (2017). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Dimensi Proses Kognitif Taksonomi Anderson. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(3).

Wahyuni, T., Yensy, N. A., & aliyyah Irsal, N. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas VII Terbitan Kemendikbud Revisi 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 123-133.

Yani, A. (2019). Cara Mudah Menulis Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Reflika Aditama.

Yulianto, A., & Widodo, A. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Pengungkapan Sebaran Kesukaran Soal Tes Berbasis HOTS melalui Pemodelan Rasch. 4(2), 74–80.

Penulis

Riswanda Himawan
Riswanda1700003043@webmail.uad.ac.id (Kontak utama)
Pujiati Suyata
Himawan, R., & Suyata, P. (2023). Analisis Sebaran Level Kognitif HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom pada Soal Penilaian Harian Materi Teks Pidato Persuasif di SMPN 1 Bambanglipuro Bantul. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 89–100. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.14208

Rincian Artikel

No Related Submission Found