Pengaruh Lagu Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Down Syndrome (Studi Kasus pada Shinta)

Fancy Anggraini Angwidya (1), Sujinah Sujinah (2), Ngatma’in Ngatma’in (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Fancyanggraini@gmail.com,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengaruh lagu terhadap penguasaan kosakata anak down syndrome. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kosakata yang dimiliki subjek penelitian, lemah dalam penguasaan pengucapan dan pemahaman kosakata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lagu terhadap penguasaan pengucapan dan pemahaman kosakata terhadap anak down syndrome. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah Shinta, anak yang mengalami down syndome. Penelitian ini dilaksanakan di Lamongan. Variabel dalam penelitian ini pengaruh lagu dan penguasaan kosakata. Teknik analisis menggunakan rumus persentase dan T-test. Simpulan hasil penelitian menunjukkan lagu memiliki pengaruh terhadap penguasaan pengucapan dan pemahaman kosakata, hal tersebut sejalan dengan hasil SPSS yang menunjukkan bahwa nilai Pvalue nya kurang dari 0,05.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Brewster, Jean, Gail Ellis, dan Denis Girard. 2007. The Primary English Teacher’s Guide. Essex, England: Pearson Education Limited.

Fatin, I. (2016). Eufemia Hotel Prodeo pada Berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30651/st.v8i2.84

Fatin, I. (2016). Optimalisasi Literasi Membaca pada Mahasiswa Nonbahasa dengan Metode Pagitukul (pasangan-berbagi-waktu-pukul). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Fitri, D. N., & Kartika, P. C. (2016). Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV pada Januari 2015. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).

Indriati, Etty. 2001. Kesulitan Berbicara & Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Ishaq, M., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2016). Budaya Lokal dalam Novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.

Rachmawati, D. K. (2016). Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2).

Rasyid, Fathur. 2010. Cerdaskan Anakmu dengan Musik. Jogjakarta. Diva Press.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Selikowitz, Mark. 2001. Mengenal Sindrom Down. Jakarta: Penerbit Arcan

Sheppard, Phillip. (2007). Music Makes Your Child Smarter- Peran Musik dalam Perkembangan Anak .Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Penerbit Angkasa

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yusuf, Muri. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Penulis

Fancy Anggraini Angwidya
Fancyanggraini@gmail.com (Kontak utama)
Sujinah Sujinah
Ngatma’in Ngatma’in
Angwidya, F. A., Sujinah, S., & Ngatma’in, N. (2018). Pengaruh Lagu Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Down Syndrome (Studi Kasus pada Shinta). Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2). https://doi.org/10.30651/st.v10i2.1345

Rincian Artikel

No Related Submission Found