Reduplikasi Bahasa Ogan Desa Pandan Dulang Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu

Erwanto Erwanto (1)
(1) Universitas Baturaja, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna reduplikasi bahasa Ogan Desa Pandan Dulang, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode yang digunakan adalah metode padan intralingual. Teknik penelitian yang digunakan observasi, teknik simak libat cakap, teknik catat, wawancara,  dan teknik rekam. Dari hasil penelitian  ditemukan bentuk dan makna reduplikasi bahasa Ogan desa Pandan Dulang. Adapun bentuk reduplikasi tersebut adalah pengulangan seluruh  dan bentuk pengulangan sebagian, pengulangan dengan pembubuhan afiks, dan pengulangan dengan perubahan fonem,  sedangkan makna reduplikasi ditemukan makna menyatakan makna banyak, dapat menyatakan makna banyak,  dapat menyatakan makna tak bersyarat, dapat menyatakan makna yang menyerupai apa yang tersebut pada kata dasarnya, menyatakan bahwa perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar dilakukan berulang-ulang’, dapat menyatakan bahwa ‘perbuatan yang dilakukan pada bentuk dasarnya dilakukan dengan enaknya, santainya, atau dengan senangnya’, dapat menyatakan bahwa perbuatan yang tersebut pada bentuk dasar ‘Itu’ dilakukan oleh dua pihak dan saling mengenai’, menyatakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang tersebut pada bentuk dasar’, dapat menyatakan makna agak, dapat menyakan makna tingkat yang paling tinggi yang dapat dicapai, dan  proses pengulangan yang sebenarnya tidak mengubah arti bentuk  dasarnya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alwi, Hasan dkk. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aslinda dan Syafyahya. 2007. Sosiolingustik. Bandung: PT. Refika Adi Tana.

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fatin, I. (2016). Eufemia Hotel Prodeo pada Berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30651/st.v8i2.84

Fatin, I. (2016). Optimalisasi Literasi Membaca pada Mahasiswa Nonbahasa dengan Metode Pagitukul (pasangan-berbagi-waktu-pukul). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Fitri, D. N., & Kartika, P. C. (2016). Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV pada Januari 2015. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).

Ishaq, M., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2016). Budaya Lokal dalam Novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan. Bandung: CV. Yrama Widya.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: bpefe-Yogyakarta

Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Pedoman Buku Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: CV. Pustaka Widyatama.

Rachmawati, D. K. (2016). Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2).

Ramlan. 2001. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono.

Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian: dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.

Yasin, Sulchan. 1988. Tinjauan Deskriptif Seputar Morfologi. Surabaya: Usaha Nasional.

Penulis

Erwanto Erwanto
erwantow420@gmail.com (Kontak utama)
Erwanto, E. (2018). Reduplikasi Bahasa Ogan Desa Pandan Dulang Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2). https://doi.org/10.30651/st.v10i2.1343

Rincian Artikel

No Related Submission Found