Kreativitas Pendongeng Cilik dalam Bercerita
Abstract
Penelitian Kreativitas Pendongeng Cilik dalam Bercerita merupakan salah satu penelitian sastra lisan. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah penelitian ini mengarah kepada subjek penelitiannya langsung, yaitu pendongeng. Penelitian ini juga terlihat unik sebab pendongeng menggunakan media yang belum dilakukan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bermanfaat untuk paga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia supaya tetap mengutamakan kemampuan membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan subjek data dalam penelitian ini adalah pendongeng cilik yang membawakan dongeng cerita rakyat cindelaras. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendongeng cilik tersebut memang benar-benar memiliki kreativias yang tinggi dan mampu memerankan suara dari beberapa tokoh cindelaras dengan nada dan intonasi berbeda. Dari pertunjukan yang dibawakan pendongeng, terdapat beberapa makna yang tersirat, makna yang tidak disampaikan langsung oleh pendongeng, tetapi membutuhkan sedikit waktu untuk memahaminya, dan dari hasil wawancara, adanya respons dari penonton yang telah menyaksikan.
Full text article
References
Agung, Endraswara. 2011. Pendekatan Sastra. Semarang: PT Armas
Badrun, 2003. Teori Sosial Sastra. Jakarta: Draiko Press.
Bachri, Bachtiar. 2005. Ayo Mendongeng. Bandung: Dar Mizan
Creswell, Jhon W. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danandjaja, James. 1991. Folklor Indonesia. Jakarta: Grafiti Pers.
Hutomo, 1991. Dermaga Sastra Indonesia. Kalimantan: Bumi Aksara
Krisfida, Ribut. 2008. Pengaruh Metode Dongeng Interaktif untuk Meningkatkan Moral Judgement pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mubarokah, Baniyatul. 2015. Penerapan Metode Dongeng dalam Pembelajaran Bidang Pengembangan Akhlak dan Nilai-Nilai Agama Islam di Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Islam Purwokerto. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto
Ratna, Nyoman. 2011. Penelitian Sastra. Surakarata: Yuma Pustaka
Rafiek. 2010. Ilmu Sastra Indonesia. Makassar: Audi Book
Rizky, Riri. 2005. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Melalui Pendar dan Dongeng. Skripsi. Jakarta: UIN Jakarta
Sedyawati, 1996. Penelitian Sastra lisan. Bandung: Prezz
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung : Alfabeta.
Suwardi, 1997. Ilmu Sastra Bahasa Indonesia. Jakarta: Word kaff
Soekamto, 1981. Pengetahuan Cerita Rakyat. Bandung: PT Grup Kan
Polman, Sutarto, 1997. Kesenian dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Digital Print.
W Dison, Robert. 1999: Berpikir Kreatif. Jakarta: Media Home
Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Jakarta: Angkasa.
Utami, Munandar. 2001. Kreativitas dan keberbakatan. Bandung: Pustaka utama.
Yuliyat, Astika, 2012, Sastra Lisan. Jakarta: Agung Press
Fatin, I. (2016). Eufemia Hotel Prodeo pada Berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30651/st.v8i2.84
Fatin, I. (2016). Optimalisasi Literasi Membaca pada Mahasiswa Nonbahasa dengan Metode Pagitukul (pasangan-berbagi-waktu-pukul). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).
Fitri, D. N., & Kartika, P. C. (2016). Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV pada Januari 2015. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).
Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.
Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).
Ishaq, M., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2016). Budaya Lokal dalam Novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).
Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.
Rachmawati, D. K. (2016). Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2).
Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.
Yudha, Andi. 2007. Mahir Mendongeng. Jakarta: Pro U Media.
Authors
Copyright (c) 2017 Afy Izzati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
LisensiÂ
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional