Nominalisasi Melalui Proses Afiks pada Proposal Tugas Akhir Mahasiswa Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri
Abstrak
The Affixed Nominalization of Final Assigment Proposal Student of Giri Satria Husada Midwifery in Wonogiri
Â
Â
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nominalisasi dengan afiksasi dan fungsinya dalam teks proposal tugas akhir mahasiswa kebidanan. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data berupa kata nominalisasi melalui afiksasi dalam kalimat pada teks proposal tugas akhir mahasiswa kebidanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan teknik catat. Adapun analisis data yang digunakan yakni metode padan dan metode agih. Hasil penelitian ini adalah (1) nominalisasi yang ditemukan yakni nomina hasil pelekatan afiks pe-, -an, -nya, ke-an, per-an, dan pe-an; nominalisasi yang dihasilkan berasal dari verba, adjektiva, dan konjungsi; (2) fungsi penggunaan nominalisasi yakni: tercipta kepadatan leksikal sehingga terjadi pemadatan informasi, penyajian ide abstrak dengan pengedepanan tema/topik sehingga tulisan bersifat objektif, menghubungkan makna antarkalimat/paragraf sehingga menjadi padu.
Â
Kata kunci: Afiksasi, nominalisasi, proposal
Â
The aim of this research is to reveal affixed nominalization and its function in final assignment proposal of midwifery student. This research method is a qualitative method with data in the form of nominalization lexical through affixation in the midwifery students final project proposal sentences. The data collection techniques employed in this research are reading and recording techniques. Whereas, the data analysis was conducted by exerting the padan and agih methods. The results of this research are as follows: (1) the affixed nominalization which is found in this research are non-noun words with pe-, -an, -nya, ke-an, per-an, and pe-an; the nominalizations are as result of adjective and conjunction, (2) the utilization of nominalization function are: creating lexical density. It is therefore information can be compressed, presenting abstract idea by prioritizing themes/topics. As a result, the writing can be objective in connecting sentence/paragraph. Thus, it can be coherent.
Â
Keyword: Student Literacy Tour, Pantun, Student Awareness, Student Confidence, School Action Research
Artikel teks lengkap
Referensi
Droga, L., & Humphrey, S. (2005). Grammar and Meaning: An Introduction for Primary Teachers. New South Wales: The University of New South Wales Press.
Garnida, S. ., & Mirahyuni, N. . (2012). Sintactic and Semantic Analysis of Nominalization in Academic Writing. Parafrase, 12(1), 1–10.
Hardyanti, S., & Wagiran, U. (2017). Perbandingan Afiks Pembentuk Verba Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Jurnal Sastra Indonesia, 6(1), 34–40.
Hyland, K. 2004. (2004). Genre and Second Language Writing. Ann Arbor: The University of Michigan Press.
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assesing Writing. New South Wales: The University of New South Wales Press.
Kridalaksana, H. (2007). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Martin, C. . (2014). Word Choice: Global Challenges in Academic Writing. Grassroots Writing Journal.
Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., Sasangka, & Sugiyono. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Mustakim. (2015). Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Nomoto, H. (2017). Sintaksis nominalisasi bahasa melayu. Tokyo: Tokyo University of Foreign Studies.
Oktavianti, I. ., Chaerani, N., & Prayogi, I. (2019). Analisis Kontrastif Nominalisasi dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Jawa. Gadjah Mada Journal of Humanities, 3(3).
Parera, J. . (2007). Morfologi Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudaryanto. (2015). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogakarta: Sanata Dharma University Press.
Sunardi. (2010). Peningkatan Kepadatan Leksikal Tulisan Ilmiah Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Udinus melalui Pengajaran Nominalisasi dalam Seminar dan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. UNDIP.
Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Taher, I. I. (2015). The Problematic Forms of Nominalization in English: Gerund, Verbal Nouns, and Deverbal Noun. English Linguistic Research, 4(1), 30–40.
Wiratno. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Penulis
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.