Teori Filsafat Politik Agamben dalam Karya Sastra: Bare Life dan Homo Sacer

Damay Rahmawati (1), Ecclisia Sulistyowati (2)
(1) Bahasa Inggris, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia,
(2) Manajemen, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia

Abstrak

Agamben Theory of Political Philosophy in Literature Work: Bare Life and Homo Sacer

 

ABSTRAK

Penelitian ini menyajikan gagasan dan teori sosio-politik Agamben seputar kedaulatan negara dan hak asasi manusia, untuk memberikan pandangan dan perbandingan dalam hubungannya dengan teori-teori pada ilmu sosial dan sastra. Agamben adalah salah satu filsuf yang muncul di era modern, yang mana pemikirannya berkaitan dengan filsuf besar pendahulunya, seperti Michel Foucault dan Hannah Arendt yang juga dibahas di dalam penelitian ini. Oleh karena itu, hubungan antara konsep-konsep pemikiran mereka pun dipresentasikan dalam penelitian ini, beserta konsep politik Agamben yang diaplikasikan dalam artikel kritik sastra. Berdasarkan data-data yang didapatkan melalui studi pustaka ditemukan penggambaran dari istilah bare life dan homo sacer yang merupakan pandangan Agamben terhadap kualitas manusia sebagai individu. Agamben menunjukkan bahwa kedaulatan negara dapat mengubah status manusia menjadi tanpa hak asasi maupun hak politik di bawah kekuasaannya, yang mana penerapannya pun dapat ditemukan dalam beberapa karya sastra, yang dibahas dalam artikel kritik sastra.

Kata kunci: Agamben, Kedaulatan Negara, Homo Sacer, Bare Life, Hak Asasi Manusia

 

ABSTRACT

This study provides Agamben’s socio-political ideas and theory regarding sovereignty and human right, to give a deeper insight and comparison in the relation of social theory and literary studies. Giorgio Agamben is one of modern philosopher, which his thoughts are connected to other previous philosophers, such as Michel Foucault and Hannah Arendt who are also discussed in this study. Thus, the connections between their concepts are presented in this study, along with the Agamben political concepts which is applied in literary criticism articles. Based on the data obtained from library research is found the depictions of the terms bare life and homo sacer which Agamben’s view of human qualities as individuals. Agamben shows that sovereignty can change human status to be without human rights or political rights under its power, which the implementation can be found in several literature works that are discussed in critical literary articles.

Keyword: Agamben, Sovereignty, Homo Sacer, Bare Life, Human Rights.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agamben, G. (1995). Homo Sacer. Italy:Giulio Einaudi Editore s.p.a. Agamben

Agamben, G. (2009). The Signature of All Things on Method. Brooklyn, NY : Urzone, Inc.

Agamben, G. (2005). State of Exception. USA: The University of Chicago Press.

Agamben, G. (2009). What is an Apparatus? And Other Essay. Stanford, California : Stanford University Press.

Brown, H.C. (2017). Figuring Giorgio Agamben’s “Bare Life†in the Post-Katrina Works of Jesmyn Ward and Kara Walker. British Association for American Studies. (1) 1 – 19.

Deacon, R. (1998). Strategies of Governance Michel Foucault on Power. A Journal of Social and Political theory. No.92, 113-148.

Doussan, J. (2016). Writing Lines: Agamben contra Nietzsche. Cultural Critique. (92) 114-136. University of Minnesota Press

Frost, T. (2010). Agamben’s Legalization of Foucault. Oxford Journal of Legal Studies. Vol.30, 545-577.

Gordon-Zolov, T., Roger, R. (2010). Introduction: Citizenship. Women’s Studies Quarterly. Vol. 38, 13-24.

Grotenhuis, R. (2016). Nation Building as Necessary Ef ort in Fragile State. Amsterdam:

Amsterdam University Press.Liu, J.C.H. (2015). Against Agamben; Sovereignty and the Void in the Discourse of the Nation in Early Modern China. Theory, Culture, and Society, 32(4) 81–104. DOI: 10.1177/0263276415580855

McLoughlin, D. (2016). Post-Marxism and the Politics of Human Rights: Lefort, Badiou, Agamben, Rancierre. Law and Critique, 27 : 303–321. DOI 10.1007/s10978-016-177-

Morgenthau, H. (1977). Hannah Arendt on Totalitarianism and Democracy. Social Research. Vol. 44, 127-131.

Murray, A., Whyte, J. (2011). The Agamben Dictionary. Edinburgh: Edinburgh University Press Ltd.

Owens, P. (2009). Reclaiming ‘Bare Life’?: Against Agamben on Refugees. 23 (4): 567–582 DOI: 10.1177/0047117809350545

Rahmawati, D., Sunaryono, R.A.K, Utami, M. (2021). Rasisme di Go Set A Watchman Sebagai State of Exception dalam Pandangan Filsafat Politik Agamben. BAHTERA, 20 (2). https://doi.org/10.21009/bahtera.202.01

Regus, M. (2010). Negara dan Krisis Biopolitik.

https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2010/10/13/1-tahun-sby-boediono.html (diakses pada 10 November 2021)

Tsao, R.T. (Summer 2002). Three Phases of Arendt’s Theory of Totalitarianism. Social Research. Vol. 69, 579-619.

Villamizar, G.E.P. (2014). Potentiality, Sovereignty, and Bare Life: a Critical Reading of Giorgio Agamben. Ideas y Valores, LXIII (156), 79 – 99. http://dx.doi.org/10.15446/ideasyvalores.v63n156.38326

Penulis

Damay Rahmawati
damayrahma@gmail.com (Kontak utama)
Ecclisia Sulistyowati
Rahmawati, D., & Sulistyowati, E. (2022). Teori Filsafat Politik Agamben dalam Karya Sastra: Bare Life dan Homo Sacer. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 146–164. https://doi.org/10.30651/st.v15i1.10766

Rincian Artikel

No Related Submission Found