PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MARYAM SURABAYA

Penulis

  • Nadhira aulia Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahyuni Suryaningtyas Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.7846

Abstrak

Abstrac
Covid-19 is a new viral infectious disease. The first appeared in Wuhan and became a
pandemic in 2 months. Clinical diagnosis is confirmed by fever, cough, shortness of breath,
combined with lymphocyte neutrophil ratio examination and radiology imaging with chest Xray or chest C.T. with a ground-glass appearance. C.T. scans are not widely available in
Indonesia hospital. Many hospitals only own X-Ray as radiologic diagnostic imaging for covid-
19. Adobe Photoshop Express with digital imaging capabilities can improve the ability to
diagnose Covid-19 from chest X-Ray because of software similarity like the radiologic
workstation
Keyword: photoshop, covid-19, thorax plain x-ray, diagnosis, image

Referensi

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS berbasis saintifik berbantuan Live Worksheets untuk memahamkan konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911-2933.

Aniswita, A., Saputra, Y., & Medika, G. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 63. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12589

Eni. (2019). Konsep Model Problem Based Learning. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Widiasmoro, strategi dan metode mengajar siswa di luar kelas outdoor Learning: secara aktif, kreatif, inspiratif, dan komunikatif (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017), h. 172-173

Fadilah, A. N., Adisel, A., Syafri, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 152–159. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2807

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web liveworksheet berbasis problem based learning dalam pembelajaran matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Arifin, Johar. (2017). SPSS24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindu

Malinda, Z. A., Murtono, M., & Zuliana, E. (2017). Problem Based Learning Berbantuan Lego Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.17 90

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Permendikbud. 2014. Lampiran III Permendikbud nomor 58 tahun 2014. BSNP, Jakarta. 6 hlm.

Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Sari, S. N., Shodiqin, A., & Buchori, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Smk Pada Materi Persamaan Lingkaran. Senatik, 4, 441–446. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/92

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 99–108.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.

Siregar, N. S., & Rangkuti, I. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. 7, 10397–10407.

Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif hukum newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72-80.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Pengaruh Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584-3593.

Diterbitkan

2024-09-19