OPTIMALISASI HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DI KELAS IV SDN LEREPKEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020

Penulis

  • Rodatus Sofiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Suhartono Suhartono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
  • Ratna Hidayah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM); (2) mengoptimalkan hasil belajar IPA melalui model STM. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lerepkebumen yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 perempuan dan 15 laki-laki. Data diperoleh dari guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) teknik nontes yaitu observasi dan wawancara; (2) teknik tes yaitu tes hasil belajar. Teknik triangulasi digunakan untuk menguji validitas data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model STM dilaksanakan dengan langkahlangkah: (a) pendahuluan: inisiasi/invitasi/eksplorasi/apersepsi, (b) pembentukan konsep, (c) aplikasi konsep, (d) pemantapan konsep, dan (e) evaluasi; (2) penerapan model STM dapat mengoptimalkan hasil belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 56,26% pada siklus I; meningkat menjadi 76,55% pada siklus II; dan pada siklus III meningkat menjadi 90,63%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model STM dapat mengoptimalkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas IV SDN Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020.


Kata Kunci: Hasil Belajar, Sains Teknologi Masyarakat

Referensi

Afni, N., Khairil, & Abdullah. (2014). Penerapan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) pada Konsep Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Jurnal Biotik, 2 (2), 77‒82.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ghina, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada Tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar Tahun 2017/2018. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Fatonah, S. & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hunaepi, Samsuri, T., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2014). Sains Teknologi Masyarakat Strategi, Pendekatan, dan Model Pembelajaran. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Lestari, H., Ayub, S., & Hikmawati. (2016). Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (3), 111‒115.

Nurjanah, Panjaitan, R., L. & Kurnia. D. (2016). Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 831‒840.

Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Primastuti, M. & Atun, S. (2018). Science Technology and Society (STS) Learning Approach: an Effort to Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal of Physics, 1097, 1‒7.

Purwana, U. (2012). Profil Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) Siswa SMP tentang Konsep Kemagnetan. Jurnal Pendidikan MIPA, 13 (2), 117‒124.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Santoso, A. M., Sajidan, & Sudarisman, S. (2013). Penerapan Model Science Technology Society melalui Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium Ditinjau dari Sikap Peduli Lingkungan dan Kreativitas Verbal Siswa. Jurnal Bioedukasi, 6 (1), 79‒99.

Samatowa, U. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Saputra, H., Halim, H., & Khaldun I. (2013). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbasis Simulasi Komputer pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), 12‒21.

Supriyadi, Suryandari, K. C., & Suripto. (2016). Aplikasi Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pandanlor Tahun Ajaran2015/2016. Jurnal Kalam Cendekia, 4 (6.1), 661‒666.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12