GAMBARAN KUALITAS KANTIN SEKOLAH DASAR (STUDI DESKRIPSI PADA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH DEPOK DAN TANGERANG SELATAN)

Penulis

  • Putri Wimbi Tria Rizky Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Rohita Rohita Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Universitas Al-Azhar Indonesia

Abstrak

Abstrak: Keamanan pangan merupakan hak setiap orang, tidak terkecuali bagi anak sekolah yang sedang dalam masa pertumbuhan. Salah satu sumber pangan yang sangat dikenal dan disukai anak sekolah adalah pangan jajanan yang tentu saja harus aman untuk dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas kantin di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di 1 (satu) Sekolah Dasar wilayah Depok dan 2 (dua) Sekolah Dasar di Tangerang Selatan pada Januari 2019. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun indikator kantin sehat adalah kualitas sarana prasarana kantin; pengolahan, penyajian, peralatan dan penyimpanan yang digunakan untuk makanan jajanan; serta bahan baku makanan jajajan. Hasil penelitian ini yaitu 9 (sembilan) dari 10 (sepuluh) warung kantin Sekolah Dasar X Tangerang Selatan belum memenuhi indikator kantin sehat berupa penyajian, penyimpanan, peralatan, serta bahan baku makanan jajanan. Sedangkan pada Sekolah Dasar XX Tangerang Selatan sebanyak 9 (sembilan) warung kantin sudah memenuhi seluruh indikator kantin sehat, begitu pula dengan 4 (empat) warung kantin Sekolah Dasar XXX Depok.


Kata Kunci: Kualitas Kantin, Sekolah Dasar, Kantin Sehat

Referensi

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2012. Keamanan Pangan di Kantin Sekolah. Direktoran Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan. Deputi Pengawasan Keamanan dan Bahan Berbahaya. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2013. Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah Untuk Pencapaian Gizi Seimbang. Direktorat Standarisasi Produk Pangan. Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2006. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1429/MENKES/SK/XII/2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2003. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 942/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Direktorat Bina Gizi. 2011. Pedoman Keamanan Pangan di Sekolah Dasar. Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Kementerian Kesehatan RI.

Nurikhsani FA. 2017. Analisis Kantin Makanan Sehat di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Suwaidah LS, Achyadi NS, Cahyadi, W. Kajian Cemaran Logam Berat Timbal Dari Kemasan Kertas Bekas Ke Dalam Makanan Gorengan. Penel Gizi Makan. Vol. 37, No. 2 Hal. 145-154. Universitas Pasundan Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12