PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD GP BEREA TONDANO

Penulis

  • Patrisia Hana Supit Universitas Katolik De La Salle Manado

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas V SD GP Berea Tondano. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) keterampilan guru pada siklus 1 mencapai 75% dan siklus ll mencapai 87,5% dengan kriteria sangat baik. 2) aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 64,28% dan siklus ll mencapai 86,42% dengan kriteria sangat aktif. 3) hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 78,04% dan siklus ll mencapai 91,30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasul belajar Bahasa Indonesia yang meliputi aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD GP Berea Tondano Kecamatan Tondano Barat. Selanjutnya saran dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat dijadikan sarana guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Referensi

Ahmad susanto, 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Yrama Widya.

Burn, Roe dan Ros (1984). Pengertian membaca. (http://www.sekolahdasar.net/2011/10/pengertian-membaca di.html/). diakses 28 Mei 2012.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Revisi. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Joice dan Weil (Trianto 2012), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Saddhono Kundharu dan Slamet St. Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung. Karya Putra Darwati.

Sanjaja. (2005). http://www.pengertianmembaca . diakses 25 Mei 2012.

Sudjana (1990:22). http://www.idsejarah.net/2014/11/faktor-faktor-yang-mempengaruhi- hasil.html. Diakses 29 Desember 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12