PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA SEKOLAH (CULTURE SCHOOL)

Penulis

  • Muhammad Soleh Hapudin

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi, menguraikan dan menggambarkan tentang strategi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam lingkungan yayasan Pendidikan Telkom pendidikan karakter sekolah berbasis budaya sekolah (school culture) di lingkungan Directorate Primary and Secondary education Yayasan Pendidikan Telkom, locus penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Telkom Jakarta (SMK Telkom) Jakarta. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi (pengamatan), dokumentasi dan data dilakukan analisis secara kualitatif. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter berbasis budaya sekolah (school culture) sangat efektif dalam penanaman karakter peserta didik di sekolah. Sekolah sebagai satuan pendidikan tidak hanya fokus pada education for the brain (pendidikan intelektual) akan tetapi juga pada education for the heart dan penanaman nilai (inculcated of values). Keberhasilan Penguatan pendidikan karakter ini antara lain melalui penciptaan lingkungan budaya sekolah (school culture), pembiasaan (habituasi) tentang yang baik sehingga peserta didik paham, mampu merasakan, mau melakukan yang baik, serta memiliki keyakinan nilai yang diputuskan menunjukan hasil yang baik, hal ini terlihat menjadi karakter yang melekat dalam kehidupan keseharian peserta didik.


Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Education for The Brain, Education for The Heart, School Culture, Inculcated of Value

Referensi

Abdullah Sani, Ridwan,(2015). Pendidikan Karakter,mengembangkan karakter anak yang islami, Jakarta:PT Bumi Aksara.

Ahmad, Ruslam, (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jogyakarta: Arruz Media.

Aisyah, (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Jakarta:Prenadamedia.

Ardi Wiyono, Novan,(2013). Membangun Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Arruz Media.

Andi Wiyono, Novan, (2013) Membumikan Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogyakarta: Arruz Media.

Arifin, Bambang Syamsul, (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kusuma, Doni, (2018), Pendidikan Karakter Berbasis Komunitas. Jakarta:Kanisius.

Gunawan, Heri (2012), Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi, Bandung:Rosda Karya.

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah, Bandung:Rosdakarya.

Lickona, Thomas (2013) Educating For Character, Jakarta: Bumi Aksara.

Ma’mur Asmani, Jamal, (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

___________________,(2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter, Jogyakarta:Diva Press.

Mansyur,Ahmad (2016) Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. Tangerang:Gaung Persada.

Megawangi, Ratna,(2004) Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta:BPMGAS.

Moleong, Lexxy, (2014)/ Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Rosdakarya.

Mulyasa, Enco (2013). Manajemen Pendidikan Karakter . Jakarta : Bumi Aksara.

Nawawi, Ismail, (2015). Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja. Jakarta: Pramedia Group.

Sani, Abdullah Ridwan, (2015). Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

Savitri, Astrid, (2019). Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Jogjakarta: Genesis.

Soleh Hapudin, Muhammad (2019). Membentuk Karakter Baik pada Anak. Jakarta:Penerbit Tazkia.

Sriwilujeng, Dyah, (2017), Panduan Implementaasi Pendidikan Karakter. Jakarta:Esensi erlangga group.

Suyadi, (2012). Stategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Syafri, Ulil Amri (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al Quran, Jakarta: Rajawali Press UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

PERPRES No. 87Tahun 2017 Tentang Program Penguatan Pendidikan Karakter.

Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom nomor : Kep. 0082 /00/DGS-HK01/YPT/2018 tentang budaya organisasi yayasan pendidikan telkom group.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12