MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS V MATERI TENTANG EKOSISTEM DI SDN ORO-ORO DOWO MALANG
Abstrak
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model kooperatif tipe STAD, mendiskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang yang terdiri dari 26 siswa.Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar siswa. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian, aktivitas guru mengalami peningkatan,70% pada siklus I, dan 92% pada siklus II. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan 71,8% pada siklus I, 85,4% pada siklus II. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase ketuntasan 65% pada siklus I dan 90% pada siklus II untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase 73% pada siklus I dan 92,3% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik bertema ekosistem kelas SDN Oro-Oro Dowo Malang.
Kata Kunci: Model Kooperatif, STAD, Hasil Belajar
Referensi
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Hajar, Ibnu. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Julianto, Dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Dikbud dan PMP
Marheni. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd No. 8 Padangsambian Denpasar. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/1438/1299
Sulistyani, Rahayu. 2010. Penerapan Konsep Pecahan Sederhana Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Ngaringan 03. Rs 372.72044 SUL p
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Trianto. 2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group