IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika kelas III setelah menerapkan kultur literasi matematika. Revolusi Industri 4.0 yang berkembang saat ini menuntut adanya perubahan dalam pembelajaran saat ini. Salah satu perubahan yang dapat dilakukan yaitu melalui literasi, karena melalui literasi siswa dapat memperkaya wawasan pengetahuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika setelah adanya penerapan Literasi matematika di kelas III SDN Airlangga 1 Surabaya. Dari Siklus I sebesar 48% menjadi meningkat di Siklus 2 Sebesar 88%. Hasil tersebut membuktikan jika Implementasi kultur literasi di sekolah dapat menumbuhkan kesadaran bahwa matematika ada dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada era revolusi industry 4.0. Sebab, penerapan kultur literasi matematika di era revolusi industri 4.0 di sekolah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan tenaga pendidik untuk meningkatkan kemampuan dasar literasi dengan cara melakukan inovasi pembelajaran matematika.


Kata Kunci: Literasi Matematika, Revolusi Industri 4.0, Hasil Belajar Matematika

Referensi

Afiani, Kunti Dian Ayu, dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. Jurnal ELSE (Elementary School Education Journal). Vol 1. Nomor 1. Hal. 38-47.

Depdiknas. (2003). Kumpulan Pedoman Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rajawali Pers.

Lubis, Syibrina Jihan. 2018. Pendidikan dan Pelatihan Untuk meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Vol. 2. Hal. 601-603.

Meilanova, Denis Riantiza. 2019. Menristekdikti : Mahasiswa Harus Kuasai Tiga Literasi Baru [Internet]. [April 2019]. [Diakses Tanggal 22 Januari 2020]. https://kabar24.bisnis.com/read/20190407/79/908779/menristekdikti-mahasiswaharus-kuasai-tiga-literasi-baru.

Nurkamilah, Milah, dkk. 2018. Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol. 2 No. 2, Januari 2018 hal. 70-79.

Ojose, B. 2011. Mathematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use?. Journal of Mathematics Education, June 2011, Vol.4, No. 1., hal. 89100.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12