Penarapan Pendekatan Heuristik Dengan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (Mea) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Ananda Mufidatul Isnainiyah Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya
  • Iis Holisin Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya
  • Himmatul Mursyidah Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya

Abstrak

Permasalahan pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 10 kelas VIII-A, menunjukkan bahwa hasil belajar masih rendah karena penerapan model pembelajaran kurang bervariasi, interaksi antar siswa kurang dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika setelah penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan pendekatan heuristik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Peneliti memilih kelas VIII-A sebagai subyek karena nilai PTS (Penlaiana Tengah Semester) matematika tergolong rendah. Data diperoleh dari tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat, banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 69,23% meningkat menjadi 88,46% pada siklus II. Kategori hasil belajar temasuk sedang ditunjukkan oleh besarnya nilai rata-rata N-Gain siklus I sebesar 0,53 meningkat menjadi 0,65 pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 99,12% meningkat menjadi 99,37% pada siklus II. Pada siklus I ke siklus II kategori yang mengalami peningkatan yaitu, bertanya pada guru, berdiskusi antar teman/guru, dan menyampaikan pendapat.

Referensi

Darma, Y., & Sujadi, I. (2011). Efektivitas Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan dan Deret Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah di Pontianak. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 75-100.

Kurnia, I. (2018). Pengaruh Penerapan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kurniawati, I. (2012). Penerapan Strategi Heuristik dalam Upaya Meningkatkan Kemapuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Penerapan Perbandingan di SMP. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nugroho, J. S., & Mahfud, K. H. (2017). Penerapan Model Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 5(4), 1-5.

Purnamasari, V. D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya Melalui Model Pembelajran React Dengan Media Ayo Jado Kaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Rizky, A. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Mans-Ends Analysis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Rohim, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tioe Jigsaw Dengan Media Butik Pada Materi Segitiga. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Saputri, F., Fadillah, S., & Wahyudi. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam perkuliahan Fisika Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan Fisiska, 2.

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19