Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Media Flashcard Math Di Smp Muhammadiyah 10 Surabaya

Penulis

  • Anis Setiyowati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Iis Holisin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Flashcard Math di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan 88,88%; (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk kategori aktif; (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik; dan (4) Respon siswa terhadap proses pembelajaran sangat positif. Oleh karena itu, penerapan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Flashcard Math efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pasa siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya.

Referensi

Afriani, D. W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan MediaPOPTRIKS Dalam Pembelajaran Matematika. Surabaya: UniversitasMuhammadiyah Surabaya.

Aftariawan, Y., Triyono, & Warsiti. (2015). Penggunaan Teknik Make A Match Dengan Media Flashcard Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kebumen Ajaran 2014/2015. Kalam Cendekia Volume 3Nomor 5 , 473-478.

Apandi, I., & Rosdianawati, S. (2017). Guru Profesional Bukan Abalabal.Yogyakarta: CV Budi Utama. Arikunto,

Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Chatib, M. (2016). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Forum Paedagogil Vol.06 , 131-150.

Djuniarti, A. E. (2018). Efektiivtas Model Pembelajaran Treefinger Pada Materi Statistika DiKelas VII-A SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Surabaya: UniversitasMuhammadiyah Surabaya.

Dudeja, Vdan Madavi, V. 2016. Jelajah Matematika Kelas VII. Yogyakarta: Yudhistira Kurikulum 2013.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar WidyaiswaraEdisi 1 No. 4 , Widyiswara Balai Diklat Keagamaan.

Harahap, N. (2014). Hubungan Antara Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Konsep Ekosistem. Jurnal VisipenaVolume V Nomor 1 , 35-46.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Istianah, Sudarmin, & Wardani, S. (2015). Media Flashcard Berpendekatan Pramek Tema Energi Pada Makhluk Hidup. Unnes Science Education Journal , 4 (1), 748-755.

Mufidah, L., Effendi, D., & Purwanti, T. T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 1 No 1 , 117-125.

Muhammad, Afandi; Chamalah, Evi; Wardani, Oktarina Puspita. (2013). Model dan MetodePembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS

Mujahidin, F. (2017). Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan).Bandung: Remaja Roesdakarya.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditijau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 1 No. 1 , 11-18.

Putri, S. Y., Yerizon, & Nilawasti. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shair Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 331 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika: Part 2 Vol. 3No. 1 , 41-45.

Ramadani, W. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model PembelajaranKooperatif Tipe Think pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Surabaya: Universitas Muhammadiyah.

Rintayati, P., & Putro, S. P. (2011). Meningkatkan Aktivitas Belajar (Active Learning)Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan Sains Teknologi (STM).Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 1-24.

Rosadi, A., Triyanto, & Aryuna, D. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 17 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal PendidikanMatematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol. I No. 1 , 148-161.

Sari, A. R. (2015). Keefektifan Media Pembelajaran Flash Card Dalam Pembelajaran MenulisProsedur Kompleks Siswa Kelas X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, S. P., & Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP (Studi Penelitian Eksperimen di SMPN 1 Banyuresmi Garut). Jurnal Pendidikan MatematikaVolume 2 Nomor 1 , 37-54.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.

Triani. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai,Demonstrasi, Ulangi, Rayakan) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa MTs Yapi Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta.

Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan , 226-238.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yazid, E. (2009). Super Pintar Matematika. Surabaya: Edutama Mulia.

Zulfah. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Sharedengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Nampar. Jurnal PendidikanMatematika Volume 01 No. 2 , Universitas Pahlawan Tuanku Tambusari.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19