Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pendekatan Scientific Di Sma Muhammadiyah X Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas X-MIA 1 Putra karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, nilai ketuntasan siswa masih rendah dan pada saat peneliti melakukan observasi di kelas X-MIA 1 Putra SMA Muhammadiyah X Surabaya siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa data pra-siklus siswa yaitu data nilai pretest diperoleh sebesar 6% siswa tuntas. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific, diperoleh sebesar 64% siswa yang tuntas, hasil belajar siswa meningkat namun belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh sebesar 91 % siswa tuntas, maka hasil belajar siswa terdapat peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Angket respon yang didapat, setelah diterapkannya model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific diperoleh sebesar 72,73% dengan kriteria baik.
Referensi
Andayani. (2015). Problema Dan Aksioma Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). TEORI DAN APLIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Sleman: CV BUDI UTAMA.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayu, M. (2018). Media Pembelajaran Bola Kupinkhiu Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Saintifik. Gresik: Caremedia Communication.
Fatimah. (2009). FUN MATH Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Hake, R. R. (2002). Relationship Of Individual Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-school Physics and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. USA: Physics Education Research Conference.
Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.
Ibrohim, A. (2018). Jejak Inovasi Pembelajaran IPS Mengembangkan Profesi Guru Pembelajar. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.
Indarti, Titik.(2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: FBS Unesa
Jumrotun. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Irisan Kerucut dengan Mengunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Pendidikan Dwija Utama , 9 (9771979909007), 80.
Liandari, D. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Bilingual Terpadu jl.Junwangi NO.43C Krian Materi Segitiga dan Persegi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Maryani, I., & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan Scientifik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sleman: CV.
Budi Utama. Nata, H. (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Neolaka, A., & Neolaka, G. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana.
Riyanto, N. (2018). 7 Karya 1 Buku. Banjarnegara: CV. Pelita Gemilang Sejahterah. Rusman. (2017). Berorientsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setianingsih, D. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar Aritmatika Sosial dengan Pendekatan Saintifik Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. DKI Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Supriyono. (2018). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Konstruktif Pada Materi Bangung Ruang Sisi Datar Di SMPN 7 Surabaya . Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. DKI Jakarta: Kencana.
Syamsidah. (2016). Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresift. Jakarta: Kencana.
Y., R. A., & Suwardi. (2014). Prespektif Matematika 1. Solo: PT Tiga Serangkai Pusaka Mandiri