Efektivitas Media Pembelajaran Cr-Det Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Ipa Sma Muhammadiyah 9 Surabay

Penulis

  • Rizka Wahyu Novitasari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahyuni Suryaningtyas Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran CR- DET pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, instrumen yng digunakan adalah soal tes hasil belajar,RPP, LKS, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada pertemuan KD 1 dan KD 2 dengan menggunakan media CR- DET telah memenuhi waktu ideal dari delapan indikator; (2) Kemampuan Guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan ke-1 rata-rata sebesar 3,56 dengan kategori sangat baik dan pada pertemuan ke-2 rata-rata total sebesar 3,50 dengan kategori sangat baik; (3) Ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan 80% dari seluruh siswa telah mencapai KKM atau ketuntasan secara individu; (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa respon siswi positif. Sehingga Penggunaan Media CR-DET efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

Referensi

Ariani, W. Ainy C.& Suryaningtyas W. 2015. Efektivitas pembelajaran reciprocial teaching Surabaya. (skripsi tidak dipublikasikan).

Damarsari, Rizky. 2017. Efektivitas penggunaan media PATAMA terhadap prestasi belajar matematika siswa berkesulitan belajar matematika kelas II di SD Negeri Bangun Rejo 2 Yoyakarta. Journal Student UNY, (6), (742750). Retrived From http://Journal.Student.Uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/viewfile/9748/94 02.

Hidayati, Bulqis. 2017. Penggunaan media dalam pembelajaran memahami struktur teks anekdot kelas X animasi Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung.

M, dedi faridi. 2012. Studi komparisi efektivitas metode Sarrus, ekspansi kofaktor dan reduksi baris dalam pencarian nilai determinan matriks berordo 3x3 pada mahasiswa semester IV Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. [skripsi]. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19