Pembelajaran Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction

Penulis

  • Nur Sa’adah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Herfa Maulina Dewi Soewardini Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Anik Kirana Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Abstrak

Pembelajaran aritmatika sosial merupakan pembelajaran yang banyak menerapkan soal cerita sehingga menurut siswa itu sulit untuk menyelesaikan pemecahan masalah tersebut. Oleh karena itu, dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction diharapkan salah satu pendekatan yang aktif untuk dapat membantu siswa menyelesaikan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran aritmatika sosial dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis aktivitas siswa, analisis hasil belajar siswa, analisis data wawancara siswa. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan penelitian bahwa dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction pada siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan kategori analyze, evaluate dan create, siswa dengan kemampuan sedang mampu dalam kegiatan menyelesaikan kategori analyze, siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan kategori analyze.

Referensi

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.E.A.

As’ari, Abdur Rahman. 2016 .Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika

Jihad dan Haris. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo

Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesional guru abad 21. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winarso, Widodo. 2014. Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eduma (online) Vol.3 No.2: AIN Syekh Nurjati Cirebon. Diakses tanggal 6 Januari 2017, hlm 110.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19