Pembelajaran Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction
Abstrak
Pembelajaran aritmatika sosial merupakan pembelajaran yang banyak menerapkan soal cerita sehingga menurut siswa itu sulit untuk menyelesaikan pemecahan masalah tersebut. Oleh karena itu, dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction diharapkan salah satu pendekatan yang aktif untuk dapat membantu siswa menyelesaikan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran aritmatika sosial dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction (HOT-PBI) di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis aktivitas siswa, analisis hasil belajar siswa, analisis data wawancara siswa. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan penelitian bahwa dengan pendekatan Higher Order Thinking-Problem Based Instruction pada siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan kategori analyze, evaluate dan create, siswa dengan kemampuan sedang mampu dalam kegiatan menyelesaikan kategori analyze, siswa dengan kemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan kategori analyze.
Referensi
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.E.A.
As’ari, Abdur Rahman. 2016 .Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika
Jihad dan Haris. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo
Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesional guru abad 21. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarso, Widodo. 2014. Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eduma (online) Vol.3 No.2: AIN Syekh Nurjati Cirebon. Diakses tanggal 6 Januari 2017, hlm 110.