Peningkatan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri 1 Ambon Pada Materi Peluang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual

Penulis

  • Juliana S. Molle Universitas Pattimura

Abstrak

Kemampuan problem solving siswa kelas XI-IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ambon dalam menyelesaikan soal-soal peluang masih rendah yakni dalam menyelesaikan soal-soal permutasi dan kombinasi, siswa belum mampu menentukan rencana strategi yang tepat serta menentukan hasil akhir peluang kejadian bersyarat. Hal ini disebabkan belum ditemukan model pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelemahankelemahan siswa (MAN) 1 Ambon dalam menyelesaikan soal-soal peluang, dan (2) meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas XI-IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ambon dalam menyelesaikan soal-soal peluang. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual Pembelajaran tersebut dilakukan dalam 3 siklus dengan langkahlangkah sebagai upaya peningkatan, yakni menggunakan fasilitas alat peraga, dan lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil evaluasi berupa pemeriksaan hasil tes siswa, wawancara terhadap siswa dan pengamatan dari observer, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual yakni: (1) kelemahan - kelemahan siswa dapat diatasi dalam menyelesaikan soal-soal problem solving , (2) kemampuan problem solving siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual cendrung meningkat.

Referensi

Arikunto, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi

Aksara Elaine B. Johnson.2009. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC

Igak Wardhani, 2008. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Moleong, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda

Ratumanan, T.G. 2015, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pensil Komunika

Sanjaya, 2005. Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi,Bandung: Kencana

Soedjadi, R. 2007. Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Depdiknas Pusat Sains dan matematika Sekolah UNESA.

Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19