Inovasi Pembelajaran Matematika (Grafik Fungsi) Dengan Geogebra

Penulis

  • Inez Audika Putri Prodi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
  • Brigita Etik Purwaningsi Prodi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Abstrak

Dalam pembahasan mengembangkan abad 21 melalui pendidikan matematika, kami memberikan inovasi terhadap pembelajaran matematika. Pada abad 21 ini, perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi semakin pesat. Perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi) juga menyumbangkan teknologi untuk pembelajaran matematika. Salah satu teknologi yang yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah komputer dan aplikasi yang ada di dalamnya yang dapat membantu menyelesaikan persoalan matematika. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah GeoGebra dua dimensi. Sebenarnya aplikasi GoeGebra dua dimensi ini tidak hanya dapat diinstal pada komputer saja melainkan juga dapat di instal di laptop, dan smartphone, sehingga lebih praktis dan efisien jika digunakan dalam pembelajaran matematika. GoeGebra dua dimensi ini membantu proses pembelajaran pada tingkat SMP dan SMA yang berkaitan dengan grafik. Aplikasi ini sangat membantu dalam penggambaran grafik sesuai dengan fungsi yang diminta baik persamaan linear maupun kuadrat. Dengan ada aplikasi ini guru tidak harus melukiskan grafik di papan tulis, sehingga proses penggambaran grafik tidak memakan waktu yang lama dan hasil lukisandapat lebih jelas dan menanamkan konsep penggambaran yang benar bagi siswa.

Referensi

Ariyanti, G. 2018. Modul Pengenalan GeoGebra. Materi Kuliah Program Aplikasi Komputer dalam Matematika. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Tidak dipublikasikan.

Sahribulan. 2015. Inovasi Pembelajaran Matematika. Dapat dilihat di https://www.kompasiana.com/sahribulan/557d7e388efdfd1a7bf37aa3/inova si-pembelajaran-matematika?page=all diakses pada tanggal 25 Oktober 2019.

Mahmudi Ali. Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Dapat dilihat di https://www.academia.edu/2137476/Pemanfaatan_GeoGebra_dalam_Pembe lajaran_Matematika Diakses pada tanggal 25 Oktober 2019.

Ekawati, Aminah. 2016. PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN MICROSOFT MATHEMATIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Dapat dilihat di https://media.neliti.com › media › publications › 176895-IDpenggunaan-s. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2019.

APLIKASI GEOGEBRA. Dapat diinstal di Google, Appstote, playstore.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19