Peranan E-Learning Dalam Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Devita Mutiasari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun
  • Riza Rey Siska Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun
  • Novelia Rela Salelenggu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun

Abstrak

Internet merupakan jaringan komunikasi dalam skala dunia yang memungkinkan komunikasi dapat dilakukan secara cepat dan luas. Fenomena ini secara jeli dimanfaatkan oleh para ahli pendidikan untuk membangun suatu jejaring pembelajaran yang mampu menyentuh pembelajar di mana pun mereka berada yaitu dengan munculnya konsep e-Learning . Peran e-Learning dalam pemanfaatannya untuk pendidikan sudah mulai bergeser peran dan kedudukan dari asalnya sebagai sistem atau peralatan elektronik ke arah media penyalur pesan pembelajaran. E-Learning tercipta untuk mengatasi keterbatasan antara pendidik dan peserta didik terutama dalam hal waktu, ruang, kondisi, dan keadaan. Melalui e-Learning maka pendidik dan peserta didik tidak harus berada dalam satu dimensi ruang dan waktu. E-Learning banyak memberikan bantuan supaya hasil belajar matematika siswa bisa meningkat. Penggunaan e-Learning ini mudah dan dapat diakses melalui komputer maupun android, sehingga banyak orang yang saat ini tertarik untuk menggunakan eLearning . Seorang pendidik bisa menciptakan model e-Learning sendiri untuk di terapkan di kelasnya masing-masing. Selain itu, pendidik juga bisa mengunduh aplikasi yang telah tersedia, misalnya Quipper, Ruang Guru, Edmodo, dan lain-lain. Pesatnya perkembangan E-Learning ini membuat penulis tertarik untuk membahas mengenai e-Learning , terutama peranan e-Learning dalam pembelajaran matematika.

Referensi

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendi, Empy., & Zhuang, Hartono. 2005. E-Learning Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset. Fitriani &

Nurjannah. 2019. Peranan E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal On Pedagogical Mathematics, Volume 1, No. 2, April 2019, pp. 102-110.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Wahyuningsih, Dian., & Makmur, Rakhmat. 2017. E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19