Penguatan Pendidikan Matematika Dalam Menunjang Persiapan Sdm Yang Unggul Menuju Indonesia Maju

Penulis

  • Bayu Romadon SMK Cendekia Muttaqin Kabupaten Mojokerto

Abstrak

Keunggulan SDM yang dimiliki oleh Indonesia perlu dikaji dan dievaluasi ulang, terutama keunggulan SDM di bidang IPTEK. Penguasaan IPTEK dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul demi terwujudnya perlu perlakuan yang intensif dan strategis. Banyak hal yang dapat menunjang tercapainya SDM yang unggul dan mampu bersaing secara global. Salah satu strategi dalam hal ini adalah penguatan kembali pendidikan matematika.  Penguatan pendidikan matematika akan mampu menjadi daya topang yang kuat untuk menghasilkan SDM yang unggul yang memilih keterampilan serta kemampuan dalam berbagai hal, yakni  kemampuan analitis yang sistematis, kemampuan interpersonal yang baik, kemampuan dalam bertindak, kemampuan dalam memproses suatu permasalahan secara teliti. Ranah kemampuan tersebut dapat dicapai memalui strategi strategi yang mumpuni, yaitu pembelajaran melalui pendekatan saintifik, model pembelajaran yang mengkolaborasikan segala aspek, dan yang paling inti adalah penguatan pendidikan matematika melalui kemampuan literasi matematika.

Referensi

Anway, Nevy Triatnawaty. 2018. Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Journal PRISMA Unnes Volume. 1

Fathani, A.H . 2016. Pengembangan Literasi Matematika dengan Menggunakan Kerangka PISA Tahun 2012. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVII Institut Teknologi Sepuluh November . Surabaya.

Mardiati, Asih . 2018. Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan Abad 21 . Jurnal ISSBN 978602-70471-3-6 . Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Mukhdis, A . 2013. Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter 3(2), 115 – 136.

Retnawati, Heri . 2018. Peran Pendidikan Matematika dalam Memajukan Kualitas SDM Guna Membangun Bangsa. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Syahlan. 2015. Literasi Matematika Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Keguruan Vol. 3 No. 1. Unesco. 2011. Education for All (EFA) Global Monitoring Report 2011: The Hidden Crisis, Armed Conflict and Education.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 – Universitas Kanjuruhan Malang . Malang.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19