Efektivitas Penerapan Brain Based Learning (Bbl) Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Lateral Siswa

Penulis

  • Aning Wida Yanti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sutini Sutini UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Robihatu Afro UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstrak

Brain Based Learning (BBL) adalah pembelajaran yang diselaraskan dengan cara otak dirancang secara alami untuk belajar. Sedangkan kemampuan lateral siswa adalah berpikir dengan mengolah informasi untuk melihat masalah dari berbagai perspektif yang berbeda dengan solusi alternatif yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan berpikir lateral siswa SMP setelah diberikan pembelajaran BBL. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP N 1 Mojoanyar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan lateral, dan tanggapan kuesioner siswa setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran BBL dalam kategori sangat baik; (2) keaktifan siswa yang setelah  pembelajaran BBL dalam kategori sangat aktif; (3) kemampuan berpikir lateral siswa dalam kategori tuntas; dan (4) Tanggapan siswa terhadap siswa setelah  pembelajaran BBL dalam kategori positif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran BBL efektif digunakan untuk melatih keterampilan berpikir lateral siswa

Referensi

Arsisari, A. 2014. Penerapan Pendekatan Problem Centered Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lateral dan Persistence (Kegigihan) Matematis Siswa di SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewi. 2013. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning. Berbantuan WEBâ€. Jurnal Universitas Negeri Semarang.Vol 1, 285.

Jensen, E. 2008. Brain-Based Learning. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR Masriyah. 2006. Modul 9 Penyusunan Non Tes. Surabaya: Universitas Terbuka.

Noviasari, E. 2017. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatih Literasi Statistik Siswa Smp Pada Materi Statistika Kelas Vii. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017, 31.

Rosnawati, R. 2011. Berpikir Lateral Dalam Pembelajaran Matematika. Jurusan Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: UNY, 14 Mei 2011, PM-140.

Sari, E M. 2015. Analisi Kemampuan Berpikir Lateral Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Permutasi dikelas X IPA 2 SMA N 11 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Sa’diyah, H. 2016. Proses Berpikir Lateral Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa IX di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sutoyo, De Bono, E. Berpikir Lateral, (Jakarta: ERLANGGA, 1991), 11.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tatag YES. 2007. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Matematikaâ€. Makalah: Simposium Nasional, 2007, 4.

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19