PENGEMBANGAN MODEL PROJEK SEDERHANA TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v2i1.28790Kata Kunci:
Projek Sederhana Terintegrasi, Kolaborasi Guru, Pembelajaran KontekstualAbstrak
Transformasi kebijakan kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui Kurikulum Merdeka menuntut pembelajaran yang kontekstual, kolaboratif, dan selaras dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model Projek Sederhana Terintegrasi (PST) yang memosisikan mata pelajaran kejuruan sebagai inti projek, dengan mata pelajaran adaptif seperti Matematika dan Bahasa Inggris sebagai pendukung. Model ini dirancang untuk menjawab kebutuhan integrasi capaian pembelajaran lintas mata pelajaran secara aplikatif dan realistis. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, melibatkan guru-guru SMK negeri dan swasta di Kalimantan Utara sebagai subjek uji coba. Data dikumpulkan melalui observasi, diskusi kelompok terarah (FGD), microteaching, dan refleksi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PST layak diterapkan dan dapat memperkuat kolaborasi antarguru dalam merancang projek mikro yang kontekstual. Projek yang dikembangkan seperti poster, video pendek, dan proposal usaha sederhana—mampu menjembatani pelajaran adaptif dan kejuruan secara terpadu. Evaluasi juga menunjukkan bahwa pembelajaran menjadi lebih bermakna, terukur, dan relevan dengan program keahlian siswa. Temuan ini didukung oleh asesmen autentik dan rubrik kolaboratif yang dikembangkan bersama guru. Model PST juga terbukti melengkapi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan fokus pada capaian kognitif dan psikomotorik. Dengan demikian, PST dapat menjadi alternatif model pembelajaran projek yang adaptif, kontekstual, dan berkelanjutan dalam kerangka implementasi Kurikulum Merdeka di SMK.
Referensi
Anggraena, Y., Ginanto, D.,Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I.,Alhapip, L.,Iswoyo, S., hartini, Y.,Mahardika, R.L., (2022) Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Barliana, M. S., Alhapip, L., Rahmawati, Y., Muktiarni, D., & Dwiyanti, V. (2020). Vocational education: The new development and change in the adaptive curriculum of learning model. Invotec, 16(2), 160–173. https://doi.org/10.17509/invotec.v16i2.28479
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK-Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2 (1), 97–112.
Basri, H., Tumiran, Siregar, B., & Fitri, H. N. (2024, September). Project based learning for strengthening the profile of Pancasila students (P5) character development at SMKN 8 Medan. Proceedings of the International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 3, 694–705. https://doi.org/10.47006/iscis.v0i3.22379
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university (4th ed.). McGraw Hill Education.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Organisasi Kehidupan Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL). Proceeding Umsurabaya, 1(1).
Blegur, J., Ma’mun, A., Berliana, Mahendra, A. (2022). Inovasi Model Pembelajaran Terintegrasi: Upaya Peningkatan Ketrampilan Mahasiswa. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Group.
Bliss, J., Askew, M., & Macrae, S. (1996). Effective teaching and learning: Scaffolding revisited. Oxford Review of Education, 22(1), 37–61. https://doi.org/10.1080/0305498960220103
De Jong, L., Meirink, J., & Admiraal, W. (2022). School-based collaboration as a learning context for teachers: A systematic review. International Journal of Educational Research, 112, Article 101927. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.101927
Dewi, M.R. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19 (2), 213-226.
Dewi, K.R., Mariana, N. (2024). Pendekatan Pembelajran terpadu: Menghoptimalkan Model Integrasi Fragmented di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 09(02). 7807-7815
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1 (5), 255-264.
Goh, C. C., & Blake, M. (2016). Teacher collaboration for the development of teaching and learning: The case of lesson study in Singapore. Journal of Education for Teaching and Democratic Engagement, 5(2), 49–61. https://doi.org/10.18785/jetde.0502.04
Hastasasi, W., Harjatanaya, T.Y., Kristiani, A.D.,Herutami, I.,Andiarti, A. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Hamidah, S. (2012). Model Pembelajaran Soft Skill Terintegrasi pada siswa SMK Program Studi Keahlian Tata Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 53-62.
Ilahiyyah, I., Iriani, S. S., Harti, H., & Izzuddin, M. G. (2021). Implementasi Project based Learning untuk meningkatkan entrepreneurial mindset dan entrepreneurial skills pada siswa SMK Nurul Islam. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(2), 197–211. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i2.885
Jeong, M., Muthahhari, T., Johnson, D., & Junaidi, R. N. (2024). Evidence review: Implementation of a vocational school transformation program in Indonesia. IDinsight & PSKP. https://www.idinsight.org/publication/evidence-review-implementation-of-a-vocational-school-transformation-program-in-indonesia/
Kafyulilo, A. (2021). Teachers’ collaboration as a strategy for promoting professional development: Experience from TESSA project in Tanzania. Cogent Education, 8(1), Article 2024936. https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2024936
Kemdikbud Ristek. (2022). Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK. https://peraturan.bpk.go.id/Details/224172/permendikbudriset-no-5-tahun-2022
Mira, Irmawati, baharuddin, S.C., Grace, Jonial, Kurniawan, Mustafa, S.A.,Rosmiati. (2024). Analisis Permasalahan Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 3 Majene. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidangh Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, 2 (2), 251-256.
Maulidah, F., & Supriyadi, T. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter peserta didik di SMK. Innovative: Journal of Social Science Research, 5(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i1.17324
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). 1 (4).
Purnomo, B. G., & Sukardi, T. (2019). Integration of project based entrepreneurship and productive practical learning in vocational high schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 25(1), 78–84. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i1.20013
Ramadhan, M. R., & Suherdi, D. (2023). Strategi pengembangan rubrik penilaian autentik dalam pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan literasi siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (JP3M), 3(1), 45–56. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/9501
Rizkiyah, A., & Nurhalimah, I. (2024). Internalisasi nilai nilai keislaman dalam penguatan karakter siswa melalui proyek profil pelajar Pancasila. Istifham: Journal of Islamic Studies, 3(1), 56–65. https://doi.org/10.71039/istifham.v3i1.87
Sari, F. M., & Mustofa, R. (2022). Exploring the implementation of authentic assessment in project-based learning: A case study in EFL context. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature, and Linguistics, 8(2), 213–222. https://doi.org/10.22219/celtic.v8i2.18208
Sisk, R. J. (2011). Team based learning: Systematic research review. Journal of Nursing Education, 50(12), 665–669. https://doi.org/10.3928/01484834-20111017-01
van Kuyk, J. J. (2011). Scaffolding – How to increase development? European Early Childhood Education Research Journal, 19(1), 133–146. https://doi.org/10.1080/1350293X.2011.548965
Yunianta, T., Rusilowati, A., & Rochmad, R. (2015). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada implementasi Project-Based Learning dengan peer and self assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 1. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/636



