Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28159Kata Kunci:
keterampilan menulis, teks eksplanasi, media gambar berseri, PTKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surabaya dengan memanfaatkan media gambar berseri. Keterampilan menulis sebagai salah satu elemen penting dalam pengajaran Bahasa Indonesia harus ditingkatkan secara terencana agar siswa dapat menyampaikan ide dengan logis dan terstruktur. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa kelas IX. Instrumen pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Temuan penelitian menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks eksplanasi. Persentase siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengalami peningkatan dari 30,43% di pra siklus, menjadi 52,17% di siklus I, dan mencapai 73,91% di siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan media gambar berseri efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi secara teratur dan saling terkait.
Referensi
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman dalam Sri, E. (2018). Pengembangan Keterampilan Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, A. (2022). Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: Media Edukasi.
Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal on Education, 5(3), 7095-7103.
Mahsun. (2014). Teks dan Konteks Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.



