Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Menginferensi Cerita Fiksi Siswa SMP Muhammadiyah 4 Gadung
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28158Kata Kunci:
Teaching at the Right Level, inferensi, cerita fiksi, hasil belajar, diferensiasi pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menginferensi informasi dari cerita fiksi melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain spiral Kemmis dan McTaggart yang melibatkan dua siklus. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 4 Gadung yang dikelompokkan ke dalam tiga tingkat kemampuan: rendah, sedang, dan tinggi. Setiap kelompok mendapatkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat penguasaannya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Rata-rata nilai meningkat dari 63,2 (pra-tindakan) menjadi 71,8 (siklus I) dan 77,9 (siklus II). Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 46,15% menjadi 84,62%. Selain itu, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, terutama pada kelompok rendah. Dengan demikian, pendekatan TaRL terbukti efektif dalam mengatasi perbedaan kemampuan siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerita fiksi.
Referensi
Abadzi, H. (2006). Efficient Learning for the Poor: Insights from the Frontier of Cognitive Neuroscience. Washington, DC: The World Bank.
Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence from randomized evaluations of “Teaching at the Right Level” in India. American Economic Journal: Applied Economics, 8(1), 90–119.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner (3rd ed.). Geelong, Victoria: Deakin University Press.
Suyanto, M., & Djihad, H. (2009). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.



