Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Pembelajaran Menulis Resensi Buku Fiksi di Kelas VII A SMP Muhammadiyah 15 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28157Kata Kunci:
Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), resensi buku fiksiAbstrak
Peserta didik kerap menghadapi kesulitan dalam memahami struktur resensi, menganalisis, serta menuangkan ide ke dalam tulisan, khususnya pada materi resensi buku fiksi. Tantangan ini bersumber dari keterbatasan pemahaman kritis isi buku dan kurangnya keterampilan menulis. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan mengukur efektivitas pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan kemampuan menulis resensi buku fiksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing dua pertemuan, melibatkan 30 peserta didik kelas VII A di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk memantau proses pembelajaran dan lembar penilaian untuk mengukur hasil belajar. Analisis data diterapkan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar kelompok dari siklus I ke siklus II, dengan nilai rata-rata melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Peningkatan ini juga diikuti oleh peningkatan keaktifan belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Disimpulkan bahwa implementasi pendekatan TaRL dan CRT efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran menyusun resensi buku fiksi serta meningkatkan partisipasi aktif peserta didik.
Referensi
Abdiani, H. T., Setyowati, D., Nurlaela, F., Parmin, P., & Puspa, P. W. (2024). Eskalasi Kreativitas Produk pada Teks Laporan Hasil Observasi melalui Keanekaragaman Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(4), 1101-1111.
Apriyantini, D., et al. (2023). The Effect of Applying the Teaching at the Right Level (TaRL) Approach Assisted by LKPD to Improve the Learning Outcomes of Grad. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3354-3363.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Eniwati, V. (2024, October). Peningkatan Kemampuan Membandingkan Informasi antara Buku Fiksi dan Non Fiksi dengan Menggunakan Pendekatan Teaching at the Right Level pada Peserta Didik Kelas VII C di SMP Negeri 12 Malang. In Seminar Nasional dan Prosiding PPG Unikama (Vol. 1, No. 2, pp. 2665-2675).
Gay, G. (2018). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice (3rd ed.). Teachers College Press.
Indriyana, I., Ulfiyani, S., & Navia, T. (2021). Penerapan Pendekatan CRT dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Budaya Semarang Kelas X-10 di SMAN 8 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 142-152.
Jurnal Unm. (2024). The Implementation of Teaching at the Right Level (TaRL) Approach in Teaching Reading. International Journal of Language Education and Literature, 1(1), 74-84.
Ladson-Billings, G. (1994). The Dreamkeepers: Successful Teachers of African American Children. Jossey-Bass.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Setiawan, A. Y., Putri, N. N., Tataningtyas, A., Anggraini, D. R., Fibiani, M., Wardani, D. T. K., & Widyartono, D. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN PADA TEKS TANGGAPAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI DI SMP NEGERI 5 KARANGPLOSO. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 4-4.
Susilo, M. A. (2023). The Understanding of Culturally Responsive Pedagogy Among High School Students and Teachers in East Kalimantan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 302-311.
Tapping Pages. (2023). The Challenges of Writing Book Reviews. Diakses dari https://tappingpages.com/the-challenges-of-writing-book-reviews/
Teaching at the Right Level Africa. (t.t.). TaRL Approach: Evidence-based approach. Diakses dari https://teachingattherightlevel.org/evidence-based-approach/



