Peningkatan Minat Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif TGT pada Peserta Didik Kelas VII D di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28156Kata Kunci:
minat belajar, hasil belajar, teks resensi, Teams Games Tournament (TGT)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi teks resensi fiksi dan nonfiksi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VII-D SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian mencakup angket minat belajar, tes hasil belajar, dan lembar observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan baik pada minat maupun hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya model Teams Games Tournament (TGT). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran telah terbukti memiliki dampak positif. Metode ini tidak hanya membantu peserta didik untuk menumbuhkan minat dan keaktifan mereka, tetapi juga membantu mereka memahami materi melalui diskusi kelompok dan pertimbangan bersama. Kesimpulannya, model Teams Games Tournament (TGT) efektif meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik melalui suasana pembelajaran yang kompetitif, kolaboratif, dan menyenangkan.
Referensi
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Model Pembelajaran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hamid, S. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner (3rd ed.). Victoria: Deakin University.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Boston: Allyn & Bacon.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif untuk Pembelajaran Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.



