Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 13 SBY
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28155Kata Kunci:
Interaktif, Motivasi, PembelajaranAbstrak
Dasar dari penelitian ini adalah fenomena rendahnya motivasi belajar di kalangan siswa, yang terwujud dalam kurangnya partisipasi aktif, minat yang minimal terhadap apa yang dipelajari, dan antusiasme yang lemah dalam menyelesaikan tugas. Guru menggunakan metode konvensional yang tidak melibatkan siswa secara aktif, yang mengakibatkan kurangnya minat, antusiasme, dan partisipasi dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, ada kebutuhan akan inovasi dalam pembelajaran. Teknik observasi partisipatif digunakan dalam studi kualitatif ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengamati secara dekat proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pengajaran interaktif meningkatkan motivasi belajar anak-anak kelas delapan. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan mendorong anak-anak untuk lebih aktif di kelas, penelitian ini menyarankan agar guru lebih sering menggunakan pendekatan interaktif.
Referensi
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 135–140.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732
Aminatun, D., Alita, D., Rahmanto, Y., & Putra, A. D. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Interaktif Di SMK Nurul Huda Pringsewu. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 66–71. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.141
Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin. (2017). Analisis Miskonsepsi Asam Basa Pada Pembelajaran Konvensional Dan Dual Situated Learning Model (Dslm). Jurnal Pendidikan, 2(3), 385–386. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(e-mail: {desy.ayu22@yahoo.com, lulup_tripalupi@yahoo.com, naswan_sh@yahoo.com}@undiksha.ac.id Abstrak), 4.
Azhar, A. A., Prabowo, B., Nasir, M., Anisyah Hasibuan, Y., & Taufiq Azhari, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.58432/algebra.v2i2.397
Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2), 211–227. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19
Fakhrurrazi. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF Oleh : Fakhrurrazi ∗ ABSTRAK. At-Tafkir, XI(1), 85–99.
Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Model Dan Metode. Computer Physics Communications (Vol. 180).
Firmansah, F., Desty Endrawati Subroto, Desi Kristanti, & Arifin. (2022). Efektivitas Impelementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1113–1129. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.312
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hasanah, U. H., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Proyek Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: a Literature Review. Jurnal Education and …, 10(3), 386–393. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/4104%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/in dex.php/ED/article/download/4104/2636
Kelas, S., Di, I. X., Pgri, S. M. P., & Kota, W. (2024). Inspirasi Edukatif : Jurnal Pembelajaran Aktif Inspirasi Edukatif : Jurnal Pembelajaran Aktif, 5(4), 62–74.



