PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TEMPAT WISATA DI KOTA SURABAYA TERHADAP HASIL KARYA PUISI SISWA KELAS VIII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28154Kata Kunci:
media gambar, puisi, tempat wisata, pembelajaran CRTAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar tempat wisata di Kota Surabaya terhadap kualitas hasil karya puisi siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 13 Surabaya. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan pendekatan pembelajaran berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) yang mengaitkan latar belakang budaya lokal siswa dengan materi pembelajaran. Pada pra-siklus, siswa menulis puisi tanpa media pendukung dan menunjukkan hasil yang rendah. Pada siklus I, siswa diberi gambar wisata yang telah ditentukan, sedangkan pada siklus II siswa bebas memilih gambar tempat wisata di Surabaya sesuai pengalaman pribadi mereka. Hasil menunjukkan bahwa media gambar membantu siswa dalam mengekspresikan ide, imajinasi, dan emosi, baik berupa kenangan menyenangkan maupun kritik terhadap kondisi tempat wisata di Surabaya. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 65 (pra-siklus) menjadi 75 (siklus I) dan 84 (siklus II). Persentase kelulusan siswa berdasarkan KKM 75 juga mengalami peningkatan, yaitu dari 28% pada pra-siklus menjadi 62,5% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa lebih termotivasi, kreatif, dan mudah menulis puisi. Penggunaan media gambar dan pengalaman lokal terbukti efektif meningkatkan kualitas puisi sekaligus menjadi sarana ekspresi personal yang bermakna.
Referensi
Arsyad, A. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Azizah, N., & Sulisworo, D. (2020). The Use of Local Culture-Based Learning to Improve Students’ Writing Skill. International Journal of Indonesian Education and Teaching
Depdiknas. (2008). Panduan Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gay, G. (2018). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice (3rd ed.). New York: Teachers College Press.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.
Mulyasa, E. (2018). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, D. (2019). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 142–150.
Rahmawati, L. (2022). Efektivitas Media Visual Lokal dalam Meningkatkan Kualitas Karya Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 11(1), 60–70.
Saragih, R. (2022). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 55–63.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutiani, A. (2020). Penerapan Media Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal Pengajaran Bahasa dan Sastra, 15(1), 33–42.
Wahyuni, I., & Pratiwi, D. (2020). Media Gambar Berbasis Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(2), 88–96.



