Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Diferensiasi Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 13 Surabaya

Penulis

  • Aini Fitriyah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ngatma'in Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Siti Nazzalah SMP Muhammadiyah 13 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28153

Kata Kunci:

diferensiasi, gaya belajar, keaktifan, berpikir kritis, teks berita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui pendekatan diferensiasi yang ditinjau dari gaya belajar di kelas VII-B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Materi yang digunakan adalah struktur teks berita pada siklus I dan kaidah kebahasaan teks berita pada siklus II. Pada siklus I, pendekatan diferensiasi hanya berdasarkan hasil asesmen kognitif, sementara pada siklus II, pendekatan dilakukan berdasarkan gaya belajar peserta didik: visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keaktifan peserta didik dari siklus I ke siklus II, dengan peningkatan jumlah peserta didik yang aktif dari 5 menjadi 20 orang. Peningkatan ini terlihat pada indikator perhatian, partisipasi bertanya dan menjawab, pengemukaan pendapat, dan pemecahan masalah. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan diferensiasi yang mempertimbangkan gaya belajar peserta didik secara efektif mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru untuk mengadaptasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Referensi

Amini, M., & Nuzulia, M. (2022). Differentiated learning approach based on students’ learning styles to improve learning outcomes. Journal of Education and Practice, 13(4), 55–62.

Fitriyani, D., & Prasetyo, T. (2022). Penerapan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 45–55.

Putri, A. N., & Lestari, S. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 45–56.

Kristiyanto, A., & Yulianti, D. (2023). Penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 120–128.

Nurjanah, I., & Setiawan, R. (2021). Peran gaya belajar terhadap efektivitas pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 17(3), 189–197.

Rahayu, I., & Handayani, D. (2021). Pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 134–143.

Sari, L. R., & Nurhadi, M. (2022). Integrasi gaya belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman konsep. Jurnal Kajian Pembelajaran, 8(3), 200–210.

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education, 1(2), 134-136.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19